Sabtu, 20 April 2024

Saran Sutradara ‘The Godfather’ untuk Sineas Muda

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sutradara Francis Ford Coppola. Foto: Mola TV

Sutradara Francis Ford Coppola berbagi kiat menekuni dunia perfilman bagi para sineas muda yang baru memulai karir.

Sutradara yang dikenal dengan karya film ‘The Godfather’ itu mengatakan, bahwa membuat film tak hanya urusan untung dan rugi, namun juga menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati.

“Orang-orang membicarakan film sebagai sebuah industri untuk meraih sukses dan menghasilkan uang, tapi di sisi lain film juga sebuah seni dan saya tentu akan lebih fokus ke seni,” kata Francis Ford Coppola, dilansir Antara, Minggu (24/1/2021).

Francis Coppola pun menyarankan kepada para sineas muda untuk membuat film yang mencerminkan personalitas dan keunikannya masing-masing.

“Saran saya kepada pembuat film muda untuk menghasilkan karya yang personal karena hanya ada satu dirimu. Sama seperti ketika kedua orangtuamu yang melahirkan kamu berbeda dari orang lain,” ujar Francis Coppola.

“Ketika kamu menjadi seorang seniman dan tidak ada orang yang sama sepertimu, buatlah karya yang personal bagimu karena itu akan menjadi keunikan,” sambungnya.

Francis Coppola juga mengatakan para pembuat film juga harus menetapkan tujuan mereka dalam berkarir di dunia perfilman dengan segala risiko dan konsekuensinya.

“Kalian harus memutuskan apa tujuannya. Kalau kamu mau jadi sutradara hebat yang membuat film bagus tapi juga bisa menyenangkan penonton atau menjadi terkenal,” tuturnya.

“Ataupun tidak peduli sama sekali dengan itu, hanya memilih fokus dengan pandangan pribadi tapi kamu juga akan melalui banyak tantangan terutama mengenai masalah pendanaan dan distribusi yang tidak mudah,” lanjut Francis Coppola.

Francis Ford Coppola dijuluki sebagai salah satu maestro filmmaker sepanjang masa. Coppola adalah sutradara dibalik film-film legendaris seperti trilogi “‘The Godfather’, ‘Apocalypse Now’, ‘The Conversation’, hingga ‘Bram Stoker’s Dracula’.

Dia juga telah sukses memenangi sederet penghargaan seperti lima piala Oscar dalam ajang Academy Awards, enam piala Golden Globe Awards, dua penghargaan di Palmes d’Or dan satu penghargaan di British Academy Film Awards. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs