Jumat, 19 Agustus 2022

Alun-Alun Surabaya Dibuka, Pengunjung Harus Daftar Dulu ke Laman Ini

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Alun-alun Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Alun-Alun Surabaya kembali dibuka, baik area ruang terbuka (outdoor) maupun ruang bawah tanah (basement). Pemulihan dan pembukaan tempat wisata ini, berdasarkan pemberlakukan PPKM Level 2 yang resmi diterapkan di Kota Pahlawan.

Saidatul Ma’munah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Gedung Seni Balai Budaya,  menyampaikan mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 16 Tahun 2022, yakni untuk fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) mendapatkan izin buka dengan kapasitas 75 persen.

“Mulai hari ini kami membuka Alun-Alun Surabaya dengan prokes ketat. Bagi pengunjung yang hendak memasuki area Alun-Alun wajib melakukan skrining melalui aplikasi Peduli Lindungi,” kata Saida, Rabu (16/3/2022).

Ia menjelaskan, bagi pengunjung anak-anak yang berusia dibawah 6 tahun wajib didampingi orang tua yang telah melakukan vaksinasi dosis 2. Serta, diwajibkan telah melakukan pendaftaran secara online melalui laman web tiketwisata.surabaya.go.id, bagi pengunjung yang hendak memasuki area basement Alun-Alun Surabaya.

“Hal ini untuk menghitung kapasitas pengunjung yang telah kami terapkan. Untuk area outdoor memiliki kapasitas maksimal 200 pengunjung dan area basement dengan kapasitas 100 pengunjung,” jelas dia.

Meski demikian, masyarakat dapat langsung mengunjungi area wisata outdoor Alun-Alun Surabaya tanpa melakukan pemesanan tiket, yakni setiap hari Senin hingga Minggu pada pukul 07.00 – 21.00 WIB. Sedangkan untuk area wisata basement Alun-Alun Surabaya mulai beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

“Di area basement Alun-Alun Surabaya, pengunjung bisa menikmati pameran karya seni yang telah kami sediakan. Tetapi untuk pembukaan lapak UMKM, kami masih menunggu arahan selanjutnya,” terang dia.

Oleh karena itu, Saidah berharap setiap pengunjung bisa memperketat penerapan protokol kesehatan, selama berada di kawasan wisata Alun-Alun Surabaya. Sebab, pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui media sosial mengenai pembukaan tempat wisata.

“Selain itu juga terdapat Satgas Covid-19 mandiri dan Voice Over (VO) yang bertujuan untuk mengingatkan penerapan prokes kepada para pengunjung di lingkungan wisata Alun-Alun Surabaya,” ujarnya. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs