Jumat, 26 April 2024

Sejumlah Fasilitas di Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya akan Manjakan Pengunjung

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Fasilitas di basement alun-alun Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Sejumlah fasilitas tengah dipersiapkan di Alun-Alun Surabaya yang bakal rampung minggu depan. Bangunan berkonsep seni-budaya itu segera dapat menjadi jujugan warga Surabaya di akhir pekan.

“Alun-Alun bagian bawah ini konsepnya seni dan budaya,” kata Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Rabu (2/12/2020).

Untuk bisa menuju Alun-Alun Bawah Tanah ini, disiapkan dua akses masuk bagi pengunjung. Bisa dari parkiran basement dan pintu utama di sekitar balai budaya Balai Pemuda. Dari pintu utama disediakan travelator yang di sampingnya juga bakal berhias air mancur dari balik kaca.

Begitu turun pengunjung bakal disuguhi galeri seni. Sedangkan dari pintu parkiran basement, bakal terhampar skatepark yang juga berhias seni mural.

Area utama bagian bangunan itu, nantinya bakal dibuat multifungsi. Bisa untuk tempat pameran produk tematik serta tersedia untuk co-working space yang juga bakal dilengkapi jaringan wifi. “Luasan total (basement) sekitar 3000 meter persegi,” ungkapnya.

Dalam kondisi normal, basement Alun-alun itu dapat menampung hingga dua ribuan pengunjung. Namun, ketika digunakan dalam kondisi pandemi dengan penerapan protokol kesehatan pengunjung bakal dibatasi.

Sekarang, Dinas Cipta Karya tengah menyelesaikan finishing hingga dapat rampung minggu depan. Hanya saja, dia belum mengetahui pasti terkait kapan tempat itu bakal dioperasionalkan nantinya.

Iman bilang, segala pekerjaan yang sifatnya major sudah rampung semua. Tinggal penyempurnaan area skatepark portabel yang bakal berhias seni mural. Sekarang, para pekerja tengah beberes di area bekas pengerjaan.

“Tinggal sedikit-sedikit saja, tinggal konsep muralnya itu yang nantinya menyusul kita kerjakan sendiri,” terang Iman. (bid/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs