Rabu, 24 April 2024

Google Blokir Penghasilan Iklan Media Russia Today

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mesin pencari Google. Foto: Tina suarasurabaya.net

Google memblokir Russia Today (RT) media milik Negara Rusia untuk mendapatkan penghasilan dari iklan.

Melansir Antara dari Reuters, mulai hari ini, Minggu (27/2/2022), blokir tersebut berlaku untuk produk-produk Google, seperti YouTube.

YouTube memakai alasan “kejadian luar biasa” sehingga ada sejumlah akun yang tidak bisa monetisasi dari platform tersebut. Media Rusia lainnya juga ada yang mendapat sanksi tidak bisa monetisasi konten mereka dari Uni Eropa.

Berdasarkan keterangannya, Google juga melarang media-media yang kena sanksi menggunakan teknologi mereka untuk menghasilkan uang dari situs dan aplikasi. Media Rusia tidak bisa membeli iklan lewat Google Tools dan memasang iklan di layanan Google, termasuk Search dan Gmail.

“Kami memantau secara aktif perkembangan terkini dan akan mengambil langkah lainnya jika perlu,” kata Michael Aciman juru bicara Google.

Farshad Shadloo juru bicara YouTube menambahkan, video dari media-media yang diblokir itu akan jarang muncul dari rekomendasi.

Konten dari RT dan media lainnya yang dilarang sementara waktu tidak bisa diakses dari Ukraina atas permintaan pemerintah Ukraina.

Sebelumnya, Uni Eropa beberapa hari lalu menjatuhkan sanksi buat Margarita Simonyan Pemimpin Redaksi RT yang dicap sebagai tokoh penting propaganda Rusia.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs