Jumat, 26 April 2024

Jerawat Bisa Jadi Tanda Microbiome Kulit Tak Seimbang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi seorang wanita dengan jerawat di wajahnya. Foto: Pixabay

Sulistyaningrum dokter spesialis kulit mengatakan, bahwa perubahan microbiome kulit yang menyebabkan tidak seimbang akan menimbulkan berbagai masalah kulit salah satunya jerawat.

Microbiome kulit yang seimbang akan memperkuat skin barrier, melindungi kulit dan membantu menjaga kulit terhadap virus dan bakteri berbahaya,” ujarnya, seperti dikutip Antara, Selasa (27/9/2022).

Microbiome yang dikenal sebagai virus, jamur, bakteri dan archaea di tubuh memiliki peran penting bagi imunitas. Saat kondisinya tak seimbang, selain jerawat, masalah yang dapat muncul yakni beruntusan, break out, kusam, warna kulit tidak rata, dan berbagai masalah kulit lainnya.

“Dermatitis atopik atau eksim, psoriasis, bisul di ketiak, ketombe berkaitan juga dengan mikrobiome tak seimbang, bau badan juga erat kaitannya dengan komposisi mikrobiome,” kata Sulistyaningrum.

Menurutnya, ada sejumlah penyebab ketidakseimbangan microbiome, salah satunya penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Sulistyaningrum mengatakan, penggunaan kosmetik yang tidak tepat, dan tidak sesuai kebutuhan dan jenis kulit akan mempengaruhi barrier kulit.

Oleh karena itu, dia menyarankan orang-orang untuk mengetahui profil kulit masing-masing karena setiap orang memiliki kebutuhan kulit berbeda, begitu juga dengan penanganannya.

“Kalau kulitnya aman, tidak bermasalah, dan microbiome-nya seimbang, cukup dengan nutrisi atau cukup menggunakan skincare yang menjaga keseimbangan microbiome kulit,” ujar Sulistyaningrum.

Sementara itu, Ilma Nakya Brand Manager toko kecantikan menuturkan, kulit berjerawat akibat didominasi oleh jamur biasanya memiliki karakter jerawat kecil atau beruntusan. Dia mengatakan, solusi mengatasi masalah ini berbeda dengan kulit berjerawat akibat didominasi bakteri.
Ia menambahkan, keseimbangan microbiome sangat penting bagi imunitas tubuh. Namun, gaya hidup tak sehat dapat merusaknya.(ant/des/ipg)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs