Senin, 30 Januari 2023

Rutin Ganti Sarung Bantal Cegah Munculnya Jerawat di Wajah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Freepik

dr. Irmadita Citrashanty, Sp.KK, dokter spesialis kulit mengingatkan pentingnya rajin mengganti sarung bantal. Sebab, sarung bantal yang tidak bersih dapat menimbulkan jerawat.

“Sarung bantal sangat berpengaruh dengan kesehatan kulit. Sarung bantal kasar, tidak diganti dan kotor bisa mencetuskan jerawat apalagi untuk kulit Acne Prone Skin yang membutuhkan perhatian ekstra” jelas dr. Irmadita Citrashanty, Sp.KK, dokter spesialis kulit di acara talkshow ‘How to treat and Heal Acne Prone Skin’ di Surabaya, Minggu (5/6/2022).

Dokter Irma menjelaskan, acne prone skin adalah kondisi ketika kulit berminyak mengalami masalah dan rentan berjerawat yang disebabkan oleh bakteri ataupun pori-pori yang tersumbat.

“Ketika sarung bantal yang kita gunakan tidak rutin dicuci atau diganti, tumpukan kotoran dan minyak bisa menempel di kulit. Pada akhirnya, hal ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat,” terangnya.

Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk rutin mengganti sprei minimal dua minggu sekali. Selain itu, pilihlah sprei berbahan katun yang bisa menyerap keringat dan minyak di wajah, agar tidak menimbulkan jerawat di pipi.

Irma menambahkan, tidak semua orang akan mengalami masalah. Hal itu disebabkan oleh faktor sensivitas dari kulit setiap orang.

“Pada prinsipnya jerawat itu bisa karena menggunakan sarung bantal yang kasar ada friksi dan pasiennya acne prone skin sehingga gampang terjadi jerawat,” paparnya.

Ia menyarankan, pertama sebaiknya pakai bahan yang lembut sehingga tidak mudah jerawatan. Kedua untuk selalu menaga kebersihan.

Irma lalu mengisahkan salah satu pasiennya yang sudah berganti skincare namun tidak menunjukan hasil ternyata setelah diamati ternyata penyerapan skincarenya tidak tepat karena malah menempel ke bantal.

Saran Irma, pilih bantal yang halus dan aman untuk kulit dan membantu penyerapan di kulit.

“Jadi selain memenuhi kebutuhan kulit dengan skincare dan menjaga pola makan, juga wajib menyempurnakan dengan beauty tools yang berperan menjaga kesehatan kulit ” ingatnya. (lta/iss)

Berita Terkait