Senin, 30 Januari 2023

Cegah Wajah Berjerawat, Cukup Perawatan Dasar

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Wajah satu diantara modal utama dalam berpenampilan bagi setiap orang. Wajah yang bersih dan tidak bernoda mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Namun seringkali justru wajah sering bermasalah seperti berjerawat. Ini biasa terjadi pada usia puber hingga usia 30-an. Jerawat bisa disebabkan karena peningkatan produksi minyak dan terkontaminasi bakteri P Acne, cuaca panas, penggunakan kosmetik yang berlebihan, hormonal, stres psikis atau bisa karena perawatan kulit yang kurang tepat.

Menurut Dr.RUTH JULYANA Manager Pengembangan Medis Melliderma, sebenarnya jerawat bisa dihindari jika dilakukan perawatan dasar sehari-hari. Perawatan ini sangat mudah dilakukan siapa saja dan tidak membutuhkan biaya mahal.

“Perawatan dasar cukup dengan pembersihan wajah dari debu, kosmetik dan minyak yang ada di wajah. Setelah itu dilanjutkan dengan penyegar yang bertujuan menyegarkan kulit, menetralkan PH serta memaksimalkan pembersihan dari tahap sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan minimal dua kali sehari. Bagi kulit yang berjerawat hindari penggunaan pelembab,”paparnya.

Pada suarasurabaya.net, Jumat (20/07), RUTH mengatakan, bagi yang tidak memiliki kulit wajah yang bermasalah perawatan dasar sudah cukup. Sebaliknya, mereka yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat membutuhkan perawatan intensif oleh dokter. Ini bertujuan mencegah jerawat yang lebih parah dan timbulnya efek serta lubang bekas jerawat.

Saat ini, kata RUTH, sudah ditemukan teknik perawatan kulit wajah berjerawat dengan menggunakan sinar biru dari matahari. “Penemuan itu berdasarkan banyaknya bule yang berjemur di bawah sinar matahari. Mereka yang berjerawat justru semakin berkurang jerawatnya. Akhirnya para ahli meneliti sinar apa dari matahari tersebut yang membuat jerawat semakin berkurang dan ditemukan sinar biru,”tukasnya.

Dalam dunia medis, teknik perawatan kulit wajah menggunakan sinar biru dengan panjang gelombang 415 mm, kata RUTH, disebut APT (Acne Phototherapy). Sinar biru itu untuk mematikan bakteri P Acne penyebab jerawat.

Tingkat efektivitas penyembuhan jerawat dengan teknik tersebut, menurut RUTH, sebesar 74%, jika dilakukan selama 12 kali terapi. “Memang hampir semua orang pasti pernah berjerawat. Bahkan dari total pasien yang datang, 75% mengalami kasus jerawat. Dengan teknik terbaru, bisa diatasi masalahnya karena sinar biru mengubah PH bakteri P Acne sehingga menghambat proses perkembangan bakteri,”pungkasnya.

Teks foto :
– Dr.RUTH JULYANA menjelaskan proses teknik APT pada pasien. Teknik APT menghasilkan radikal bebas yang dapat menghancurkan bakteri P Acne
Foto : TITIN suarasurabaya.net

Bagikan
Berita Terkait