Sabtu, 20 April 2024

Mahasiswa Hotel Management UK Petra Membuka 6 Unit Bisnis dalam Crescere Group

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang mahasiswa sedang melayani memberikan appetizer pda pengujung, Kamis (2/6/2022). Foto: Humas UK Petra

Sebanyak 68 mahasiswa program Hotel Management Universitas Kristen (UK) Petra menggelar praktik nyata layani masyarakat umum, melalui kelas praktik Manajemen Operasional Hotel (MOH) dengan mengusung nama “Crescere Group”.

“Selama satu semester, para mahasiswa semester enam ini mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mulai 16 Februari yang lalu baik secara online maupun offline mulai menjalankan baik itu hotel, café, restaurant hingga laundry,” jelas Agung Harianto Seketaris Program Hotel Management UK Petra dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (2/6/2022).

Crescere Group sendiri merupakan unit bisnis yang terbagi menjadi enam sektor, yakni  Crescere Hotel, Acacia Restaurant, Meltshake Cafe, Fatwok (Kitchen), Namu (Pastry & Bakery) dan Tjutji-tjutji Laundry.

Terdapat keunikan pada masing-masing konsepnya, seperti sistem pre order terlebih dahulu. Misalnya, seperti Fatwok Kitchen dan Namu Pastry & Bakery menggunakan sistem cloud kitchen, yang bisa diambil sendiri di kampus atau dikirimkan melalui layanan jasa kurir.

Selain itu, dengan mengambil nuansa rustic (pedesaan), maka dekorasi pun disesuaikan menggunakan konsep hutan dan pohon dengan dominasi warna hijau, krem dan putih pada seragamnya.

Agung juga merinci, bahwa setiap mahasiswa yang akan menjalankan MOH ini mendapatkan modal awal dari UK Petra sebesar Rp60 juta, yang digunakan untuk biaya operasional memulai sebuah bisnis. “Mulai dari dekorasi, membeli bahan hingga seragam. Hasil keuntungan akan diberikan atau dikembalikan pada mahasiswa yang menjalankan MOH ini,” ungkapnya.

Mahasiswa Hotel Management UK Petra saat melakukan live cooking Kamis (2/6/2022). Foto: Humas UK Petra

Gerarldine Audrey Suwondo selaku General Manager mengungkapkan, bahwa dengan demikian para mahasiswa bisa belajar mempraktekkan sebuah ide menjadi bisnis yang disesuaikan dengan perubahan saat ini. Tentu saja dengan supervisi dari para dosen.

“Seluruh staf mahasiswanya dapat bertumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan dan mengembangkan pelayanan yang terbaik pada pelanggan”, ujarnya saat di kampus UK Petra, Kamis.

Food and Beverage yang dihasilkan oleh para mahasiswa semester enam ini sendiri, mencapai 163 produk. Konsep FnB nya mengangkat menu Asia dengan Fusion Western. Sedangkan untuk hotel tersedia tiga kamar dan untuk laundry menyuguhkan 34 tipe service. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs