Selasa, 5 Juli 2022

Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Launching Empat Laboratorium dengan Fasilitas Canggih

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Prof. Djwantoro Hardjito Rektor UK Petra UK Petra saat on air di Laboratorium Radio UK Petra, Jumat (20/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Program studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya meresmikan empat laboratorium hari ini, Jumat (20/5/2022).

Bertempat di Gedung Q lantai 5 dan 6, empat laboratorium itu terdiri dari Laborarotium Public Relations, Laboratorium Media, Laboratorium Radio, dan Laboratorium Televisi.

Prof. Djwantoro Hardjito Rektor UK Petra mengatakan, pandemi menjadi kesempatan tersendiri yang dimanfaatkan oleh UK Petra khususnya prodi Ilkom untuk memperbaiki berbagai fasilitas termasuk laboratorium.

“Ketika kemarin semua WFH (Work From Home) dosen, pegawai, mahasiswa, ini kesempatan untuk memperbaiki fasilitas yang memang harus ditingkatkan yang tadinya rencananya 4 sampai 5 tahun, tapi bisa dipersingkat hanya selama 2 tahun,” ujar Prof. Djwantoro saat ditemui suarasurabaya.net di ruang Master Control Laboratorium Televisi lantai 6, usai peresmian empat laboratorium.

Prof. Djwantoro Hardjito Rektor UK Petra (tengah) meresmikan 4 laboratorium milik Prodi Ilmu Komunikasi, Jumat (20/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dengan adanya laboratorium ini, menjadi makna tersendiri bagi para mahasiswa untuk berkembang, dan membuat para mahasiswa tidak hanya memiliki satu kompetensi saja melainkan dapat belajar berkolaborasi serta memanfaatkan teknologi digital.

“Dulu memang sudah ada di gedung lama tapi ya space (ruangan)nya kecil, hanya difokuskan untuk anak prodi komunikasi saja, dan belum semuanya digital, peralatan masih lama. Kalau sekarang prodi komunikasi ya harus belajar banyak hal di industri kreatif termasuk pembuatan film dan sebagainya,” ujarnya lagi.

Tim UK Petra bersama para tamu undangan berada di Laboratorium Televisi UK Petra, Jumat (20/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Prof. Djwantoro mengaku bersyukur atas peresmian ini, karena menurutnya laboratorium-laboratorium yang ada memang didesain terkemuka dengan kolaborasi dan bantuan langsung beragam media baik televisi maupun radio.

“Hari ini menyaksikan lab-lab ini jadi 100 persen bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya dapat info bahwa lab-lab ini yang terbaik di Indonesia. Radio ini didesain dengan dampingan langsung Radio Suara Surabaya, didesain jadi radio terkemuka,” tambahnya lagi.

Salah satu studio di di Laboratorium Televisi UK Petra, Jumat (20/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Peresmian keempat laboratorium dimulai pukul 09.00 WIB hari ini dengan seremonial pemotongan pita di lantai 3. Kemudian dilanjutkan berkeliling ke empat laboratorium yang diresmikan dan berada di lantai 5 dan 6 gedung Q. Selain mahasiswa, peresmian dihadiri tamu undangan internal serta rekanan dunia industri.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs