Sabtu, 4 Mei 2024

Pentingnya Financial Planning untuk Hari Tua Agar Anak Tidak Jadi Sandwich Generation

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi laki-laki tua sedang berada di tepi pantai. Foto: Pixabay

Fazida Nuri Aili Ketua Financial Planner Association Indonesia (FPAI) mengatakan, persiapan dana pensiun harus dimulai sejak dini bahkan saat sudah mulai mendapatkan penghasilan sendiri.

Ini dilakukan agar di masa tua, anak-anaknya tidak menjadi sandwich generation.

Persiapan ini berlaku bukan hanya kepada pekerja kantoran, bahkan juga kepada pengusaha.

Umumnya, orang akan mempersiapkan masa pensiun dengan cara menabung. Ini juga bisa menjadi salah satu alternatif menyiapkan dana pensiun, namun Fazida mengingatkan, ada ancaman inflasi di balik itu.

“Pensiun ini kalau kita tabung, juga ngomongin tentang inflasi. Yang kita tabung sekarang belum tentu cukup untuk nanti, berarti kita juga perlu menginvestasikan untuk pensiun,” kata Fazida kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (12/2/2022).

Aset instrumen investasi jangka panjang yang dapat dipilih untuk tabungan pensiun beragam. Bahkan menjalankan bisnis, kata dia, termasuk salah satu bentuk investasi.

“Bentuk investasinya apa? Investasi ada macem-macem bisa reksadana, obligasi atau modal dagang. Tergantung profil orang masing-masing, sreg sama yang mana,” imbuhnya.

Selain tabungan pensiun, Fazida mengingatkan hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan untuk hari tua adalah dana kesehatan. Karena usia kian bertambah, dan kondisi tubuh tidak seperti saat masih muda dulu.(dfn/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs