Sabtu, 20 April 2024

Usai Renovasi, Taman Suroboyo Buka 24 Jam Khusus Malam Pergantian Tahun

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat mengecek Taman Suroboyo. Foto: Dokumen Diskominfo Kota Surabaya

Sama dengan seluruh taman terbuka, Taman Suroboyo juga akan buka 24 jam khusus malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). Pertama kalinya, taman dengan ikon patung Sura dan Baya setinggi 25 meter itu menunjukkan wajah baru usai direnovasi.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, Taman Suroboyo akan dibuka dengan Plaza depan yang luas, dilengkapi gemerlap lampu sehingga memberi kesan megah Patung Sura Baya.

“Sehingga nanti ketika ingin kumpul di sana bisa aman dan nyaman, karena InsyaAllah akan kita bukan 24 jam,” kata Eri, Jumat (30/12/2022).

Penataan Taman Suroboyo, lanjut Eri, terkoneksi dengan Sentra Ikan Bulak (SIB). Pada tahun 2023 untuk area belakang Patung Sura Baya sampai masuk ke area Pantai Kenjeran juga akan dibuatkan plaza terbuka menghadap ke pantai.

“Jadi tahun depan akan selesai semua, target kita selesai triwulan ketiga. Juga nanti pedagang-pedagang yang ada di sebelahnya Taman Suroboyo akan kita masukkan di SIB bagian bawah,” ungkapnya.

Pemkot Surabaya juga sedang mematangkan konsep untuk mengkoneksikan Taman Suroboyo, SIB, dengan Jembatan Suroboyo pada tahun 2023.

“Akan kita buka tempat untuk kongkow (nongkrong) yang viewnya ke arah laut karena ini akan menjadi satu koneksi di 2023. Kita siapkan shuttle untuk saling menghubungkan, itu yang akan kita lakukan di Surabaya Utara,” jelasnya.

Untuk menjaga keamanan dan kenyaman pengunjung, ia meminta para pengunjung Taman Suroboyo untuk memarkirkan kendaraannya di kawasan parkir SIB.

“Kalau ingin berkunjung di Taman Suroboyo maka parkir ada di SIB. Kita adakan tempat parkir, termasuk di belakangnya juga ada tempat bis, semua masuk ke parkir yang kita sediakan. Kita harus tata, jangan dibiasakan (parkir sembarangan) nanti kita akan susah ngaturnya,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menyampaikan, usai renovasi tahap pertama, tahap kedua akan menyasar area belakang Patung Sura Baya yang menghadap ke arah Pantai Kenjeran.

“Rampung sesi pertama 2022, yang  kedua untuk area di belakang. Tujuannya direhab supaya SIB bisa hidup kembali dan menyatu,” ujar Hebi sapaan lekatnya.

Meski dibuka hari ini, para pedagang asongan atau pedagang kaki lima (PKL) tidak diperkenankan berdagang di dalam area Taman Suroboyo.

“Sabtu pagi sudah dibuka sampai minggu pagi. Plaza juga diperlebar, silakan kalau mau datang kesana untuk senam, atau olahraga. Tapi tidak diperkenankan jualan di dalam area Taman, kalau mau untuk senam atau olahraga monggo (silakan),” jelasnya.

Diketahui, tak hanya Taman Suroboyo, semua taman terbuka di Kota Surabaya juga dibuka selama 24 jam pada malam pergantian tahun. Selanjutnya, akan kembali tutup hingga pukul 22.00 WIB setelah perayaan malam tahun baru. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs