Sabtu, 28 Januari 2023

Wisata Air Kalimas Reborn Diresmikan, Susur Sungai Malam Hari Dibuka Lagi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rombongan Wali Kota Surabaya, Gubernur Jatim, dan Kemendikbudristek di Dermaga Gedung Negara Grahadi, Wisata Air Kalimas Selasa (31/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Setelah dua tahun pandemi, sempat terhenti dan hanya beroperasi siang hari, mulai Rabu (1/6/2022) Wisata Air Kalimas resmi buka lagi pada malam hari.

Ini ditandai dengan peresmian Wisata Air Kalimas Reborn oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.

Eri Cahyadi mengatakan, dengan diresmikannya kembali Wisata Air Kalimas Reborn diharapkan semakin banyak wisatawan yang datang ke Kota Surabaya.

Peresmian Wisata Air Kalimas Reborn ditandai dengan seremonial gunting bunga di Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel), Selasa (31/5/2022). Foto: Retha suarasurabaya.net

 

“Bisa menikmati indahnya Kota Surabaya, semoga dengan ini tempat-tempat di Kota Surabaya jadi tempat nyaman bagi wisatawan,” ujar Eri saat membuka acara, Selasa (31/5/2022).

Peresmian ditandai dengan seremonial gunting bunga di Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel), selanjutnya Eri Cahyadi melakukan susur sungai menuju ke dermaga-dermaga selanjutya yang menjadi rute Wisata Air Kalimas.

“Monkasel ini monumen yang luar biasa, sehingga dijadikan lokasi awal mulai susur sungai Wisata Air Kalimas,” ujarnya.

Sekitar pukul 20.45 WIB, Wali Kota Surabaya memulai susur sungai menaiki perahu. Dalam susur sungai kali ini, selain diikuti Forkopimda Surabaya, dihadiri pula oleh Hilmar Farid Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan kebudayaan Kemendikbudristek, Fitra Arda Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan pemuda-pemudi Laskar Rempah Indonesia yang akan mengikuti Program Muhibah Budaya Jalur Rempah.

Ada pula Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur yang dijemput di Dermaga Taman Prestasi, yang berada tepat di belakang Gedung Negara Grahadi.

Di Dermaga Taman Prestasi, rombongan susur sungai disambut penampilan musik serta ada dua perahu yang standby diisi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Susur Kalimas dilanjutkan sampai pemberhentian terakhir di Dermaga Siola. Di tengah perjalanan menuju Siola pun rombongan susur Kalimas kembali disambut pemain saksofon di atas perahu.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait