Sabtu, 4 Mei 2024

Apple Bakal Gunakan USB-C di iPhone 15 yang Dirilis 12 September 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi USB-C (kiri) dan konektor Lightning (kanan). Foto: BBC News

iPhone terbaru hampir pasti akan dilengkapi dengan titik pengisian daya USB-C saat diluncurkan pada 12 September mendatang.

Keputusan ini merupakan tanggapan terhadap undang-undang Uni Eropa yang mewajibkan produsen ponsel untuk mengadopsi koneksi pengisian daya umum pada Desember 2024. Tujuannya untuk menghemat uang konsumen dan mengurangi pemborosan.

Sebagian besar produk Apple baru seperti iPad terbaru sudah menggunakan USB-C, tetapi perusahaan itu menentang aturan Uni Eropa terkait menggunakan USB-C pada jajaran iPhone-nya.

“Peraturan ketat yang mengamanatkan hanya satu jenis konektor akan menghambat inovasi daripada mendorongnya, yang pada gilirannya akan merugikan konsumen di Eropa dan di seluruh dunia,” kata perwakilan Apple setelah Uni Eropa memperkenalkan undang-undang tersebut pada September 2021 dilansir BBC News, Selasa (5/9/2023).

Adaptor lightning ke USB-C sudah tersedia dari merek elektronik lain termasuk Amazon, dan semua iPhone sejak iPhone 8 yang diluncurkan pada tahun 2017 telah mendukung pengisian daya nirkabel.

Oleh karena iPhone 14 saat ini tampaknya menjadi perangkat Apple terakhir yang menggunakannya secara eksklusif, ini bisa menandai awal dari akhir kabel lightning.

Meskipun begitu, sampai sekarang belum ada keterangan terkait penerapan USB-C pada seri iPhone selanjutnya, tetapi raksasa elektronik ini hampir tidak mungkin menyediakan produk yang berbeda khusus pasar Eropa saja.

Perubahan tersebut diantisipasi pada perangkat iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru yang akan diluncurkan minggu depan pada acara musim gugur tahunan perusahaan.

Perlu diketahui, laporan berita Bloomberg menunjukkan keuntungan dari peralihan tersebut bagi pengguna akan mencakup pelanggan dapat menggunakan satu pengisi daya untuk iPad, Mac, dan iPhone, serta kecepatan pengunduhan yang lebih cepat.

Laptop juga harus mematuhi peraturan ini, namun produsen memiliki waktu lebih lama untuk melakukan perubahan. (bnt/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs