Senin, 29 April 2024

Ghibli Rilis Film Pertama Berformat IMAX

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Cuplikan gambar film "How Do You Live" karya Hayao Miyazaki.

Hayao Miyazaki kembali berkarya dalam sebuah film animasi yang akan rilis berjudul “How Do You Live?” dan akan menjadi film produksi Studio Ghibli pertama yang mendapatkan rilis format Imax.

Melaporkan Antara mengutip laporan The Hollywood Reporter yang disiarkan Minggu (9/7/2023) waktu setempat, Senin (10/7/2023), Studio Ghibli mengumumkan rencana itu beberapa waktu lalu. Selain format Imax, “How Do You Live?” juga bisa disaksikan dalam format premium lainnya seperti Dolby Cinema, Dolby Atmos, dan DTS:X.

Film yang mulai diputar Jumat (14/7/2023) di Jepang ini menjadi film karya Miyazaki yang paling dinantikan penggemar dalam satu dekade terakhir setelah “The Wind Rises” yang dirilis pada 2013.

Terlepas dari antusiasme tersebut, Studio Ghibli pada awal bulan ini menyatakan tidak akan merilis trailer dan materi promosi lainnya terkait film baru tersebut. Penggemar diharapkan dapat menikmati “How Do You Live?” tanpa penilaian atau ekspektasi di awal.

“Jauh di lubuk hati, saya pikir inilah yang diinginkan oleh para penonton bioskop,” ungkap Toshio Suzuki produser utama Ghibli saat itu.

Suzuki mengimbuhkan bahwa pendekatan promosi film Ghibli berbeda jika dibandingkan dengan film-film Hollywood yang seringkali memakai banyak trailer.

Ghibli hanya mendeskripsikan film “How Do You Live?” sebagai “fantasi besar” yang secara kurang lebih terinspirasi oleh novel tahun 1937 karya Genzaburo Yoshino penulis Jepang dengan judul sama. Novel itu bercerita tentang perjalanan emosional dan filosofis seorang anak laki-laki setelah kematian ayahnya.

Ghibli hanya merilis satu poster pada bulan Desember tahun lalu. Mereka juga tidak merilis detail apa pun tentang film tersebut setelah merilis poster, termasuk tidak bocoran mengenai plot, pengisi suara, latar, hingga karakter. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs