Senin, 26 Februari 2024

Google Masukkan AI dalam Search Engine Terbarunya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Google pada saat memperkenalkan fitur terbaru menggunakan AI. Foto: techcrunch

Google telah meluncurkan pembaruan baru dengan memasukkan Artificial Intelligence (AI) dalam penggunaan Search Generative Experience (SGE).

Fitur tersebut ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam mencari sebuah informasi dengan bantuan AI yang akan membantu mempelajari dan memahami informasi di web dengan lebih baik.

Berdasarkan laman Techcrunch, peluncuran pembaruan tersebut sudah diperkenalkan Google lewat uji coba search lab pada Selasa (15/8/2023). Dengan memberikan pemaparan peran AI dalam sistem search engine, hingga kelebihan pada fitur tersebut.

Nantinya, pengguna akan dimudahkan dalam pencarian informasi. Dengan adanya peran AI, pengguna akan terbantu melihat definisi dari istilah-istilah yang tidak dikenal.

Pengguna cukup melakukan pencarian akan suatu topik, untuk selanjutnya akan muncul sebuah rangkuman jawaban yang sudah disediakan AI dengan beberapa highlight pada kata tertentu yang kemudian memiliki penjelasan lengkapnya.

Google mencatat bahwa fitur ini tidak akan memberikan ringkasan AI untuk artikel berbayar. Para penerbit dapat memilih untuk memblokir fitur ini dengan menetapkan konten mereka menjadi Premium di Pusat Bantuan.

Bing Chat sebelumnya juga sudah menawarkan fitur serupa yang memungkinkan pengguna mengetuk ikon Bing Chat saat membaca artikel atau dokumen online dan meminta AI untuk meringkas artikel tersebut.

Untuk mengejar ketertinggalannya, Google masih terus melakukan pengembangan pada fitur ini agar lebih mudah diaplikasikan. Serta tidak merugikan sebagian pihak. (fra/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
25o
Kurs