Sabtu, 15 Juni 2024

Google Meet Kini Hadirkan Fitur Presentasi Bersama

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tampilan antarmuka Google Meet versi desktop. Foto: Antara/ Google

Google Meet, layanan komunikasi video besutan Google kini menghadirkan fitur baru yang memungkinkan presentasi dilakukan oleh lebih dari satu pengguna.

Melansir laporan Antara, Sabtu (22/4/2023), dalam fitur baru itu akan ada pengguna yang menjadi penampil utama dan dapat menugaskan peserta lainnya di dalam ruang konferensi video untuk melakukan presentasi Google Slide bersama-sama.

Rekan penampil utama juga dapat melihat kontrol audiens, melakukan presentasi, serta melihat susunan slide dalam satu layar yang sama.

Selain itu, pengguna yang menjadi rekan penampil utama juga dapat memulai atau menghentikan media (baik foto bergerak atau video) yang ada di dalam presentasi.

Fitur itu dinilai dapat membantu penampil utama untuk memiliki efiensi waktu yang lebih baik, dengan bantuan rekannya untuk melakukan transisi maupun navigasi.

Fitur Google Meet tersebut hanya akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, dan Nonprofit.

Sementara untuk penggunaan akun pribadi, Google Workspace Essentials, Business Starter, Education Fundamentals, Education Standard, Frontline, serta pelanggan G Suite Basic tidak akan bisa mencoba fitur ini.

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur menampilkan presentasi bersama, setelah memulai presentasi Google Slides di Meet anda bisa memilih opsi “People”.

Setelah itu, buka daftar para peserta dan cari orang yang akan dipercaya mendampingi anda untuk melakukan presentasi. Kemudian, klik opsi “Add co-presenter” atau “tambahkan rekan penyaji”.

Mereka yang terpilih akan diberitahu dan setelah menerimanya akan bisa melakukan presentasi bersama. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs