Sabtu, 27 April 2024

Jangan Menyimpan Obat di Dalam Mobil karena Suhunya Tidak Stabil

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
ilustrasi obat-obatan. Foto : PIxabay

Masyarakat disarankan untuk tidak menyimpan obat di dalam mobil salah satunya karena suhunya tak stabil. Jika sudah terlanjur, maka dianjutkan untuk tidak digunakan kembali.

Dilansir dari Antara pada Selasa (21/11/2023), kalaupun obat telanjur disimpan di dalam mobil, masyarakat diingatkan untuk memeriksa dulu kondisi fisiknya berubah atau tidak, atau ada perubahan bau.

“Misalnya ditaruh di mobil dalam jangka waktu lama, mobil sendiri suhunya tidak stabil. Rata-rata panas, misal AC tidak dinyalakan walau disimpan di basement yang tidak ada matahari. Baiknya tidak digunakan kalau ada perubahan bentuk atau bau,” jelas Apt. Nurchasanah dari Instalasi Farmasi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Berbicara masa penggunaan obat sebelum dibuka dari kemasan, maka sebaiknya sesuaikan dengan tanggal yang dicantumkan produsen. Apabila sudah melebihi masa penggunaan walaupun kemasan belum dibuka maka obat dibuang saja karena sudah tak lagi layak digunakan.

Kemudian, saat akan membuang obat yang sudah lewat kedaluwarsa maka sebaiknya hancurkan dulu. Obat berbentuk kapsul misalnya, dikeluarkan dulu dari cangkangnya, larutkan ke air dan cangkangnya digunting lalu dibuang.

“Kalau tablet dan pil dihancurkan dulu, dicampur dengan bahan seperti kopi dan tanah, lalu dilarutkan dalam wadah yang bisa ditutup, gunting kemasannya,” demikian pesan Nurchasanah.

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Pangan Amerika Serikat (FDA) juga merekomendasikan masyarakat untuk memasukkan obat-obatan ke dalam kantong plastik yang berisi bahan yang tidak diinginkan, seperti kotoran kucing atau bubuk kopi, dan membuangnya ke tempat sampah. Lembaga itu melarang orang-orang membuang obat-obatan yang tidak terpakai di wastafel atau toilet. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs