Minggu, 28 April 2024

Konser Taylor Swift Guncangkan Tanah, Seismolog Sebut Setara Gempa M 2,3

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Taylor Swift di panggung "The Eras Tour". Foto: Twitter @taylorswift13

Jackie Caplan-Auerbach, seismolog Negara Bagian Washington melaporkan bahwa kegiatan konser Taylor Swift di Seattle, Washington, menyebabkan aktivitas seismik yang setara dengan gempa bumi magnitudo 2,3.

Seismolog itu mengecek data gelombang seismik dari sebuah stasiun yang terletak di luar Lumen Field di Seattle, tempat Taylor Swift melakukan tur konser pada 22 Juli yang bernama The Eras Tour.

“Untuk Taylor Swift, saya mengumpulkan sekitar 10 jam data di mana ritme mengendalikan perilakunya. Musik, pengeras suara, ketukan, semua energi itu dapat mengalir ke tanah dan mengguncangnya,” kata dia, dilaporkan Antara mengutip Eonline pada Jumat (29/7/2023).

Analisis kemudian dilakukan oleh seismolog sebagai tanggapan atas pertanyaan dari kelompok gempa Pacific Northwest yang dia moderasi di Facebook.

Seseorang menanyakan perbedaan sinyal antara konser Swift dengan permainan tim rugbi Beast Quake Seattle Seahawks, yang juga diselenggarakan di Lumen Field.

“Ini (konser Taylor Swift) jauh lebih besar daripada Beast Quake dalam hal amplitudo mentah dari guncangan, dan itu berlangsung jauh lebih lama, tentu saja, Beast Quake adalah momen dalam waktu, tetapi sejauh ini Swifties (penggemar Swift) benar-benar mengalahkan penggemar Seahawks,” sebutnya.

Namun, dia melihat di Twitter bahwa data dari konser mungkin bukan disebabkan oleh para penggemar, tapi bisa jadi karena pengeras suaranya.

Sementara menurut sains, salah satu penggemar yang menghadiri pertunjukan Swift di Seattle itu menjelaskan pengalamannya di dalam tempat tersebut.

“Saya berada di pertunjukan hari itu, stadion itu benar-benar berguncang! Rasanya seperti gempa bumi! Nada bass-nya begitu kuat hingga terasa seperti menembus tubuhku, terdengar aneh, tapi begitulah rasanya. Konser selalu keras, tapi yang ini berbeda,” tulis seorang penggermar Taylor Swift di Facebook. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs