Senin, 20 Mei 2024

Pakar Ingatkan Anak Muda Tumbuhkan Percaya Diri di Era Beauty Anxiety

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Gangguan Kesehatan Mental. Foto: Pexel

Anak muda khususnya Gen-Z seringkali mengalami rasa tidak percaya diri atau bisa disebut beauty anxiety, oleh karena itu Psikolog menyarankan untuk selalu menumbuhkan rasa percaya diri.

Fenomena tersebut umum terjadi di kalangan remaja yang takut ditolak oleh lingkungan sosial karena penampilan fisik mereka, sehingga menyebabkan kurangnya penerimaan diri.

Dian Wisnuwardhani Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) menjelaskan, bahwa beauty anxiety disebabkan oleh pengalaman trauma masa kecil seperti diejek oleh teman sebaya.

Trauma tersebut kemudian membuat seseorang seolah terjebak dengan standar penampilan fisik yang menarik menurut lingkungan sekitar dan media sosial.

Beauty anxiety atau beragam mental health issue lainnya yang berhubungan dengan penampilan fisik biasanya timbul karena beberapa hal seperti pengalaman trauma masa kecil, seperti diledek atau diejek oleh teman sebaya. Sehingga seseorang dapat mengalami body dissatisfaction di lingkungan sekitar dan keterpaparan tentang beauty image dari media sosial,” ujarnya, pada Selasa (9/8/2023), dilansir Antara.

Dia juga menambahkan, fenomena tersebut sering terjadi pada perempuan muda yang tinggal di kota-kota besar. Daya tarik, menurut mereka, dianggap hanya datang dari penampilan fisik.

Dian menganjurkan para remaja untuk mencoba menumbuhkan rasa bersyukur atas apa yang dimiliki pada dirinya, sehingga dapat memunculkan nilai-nilai positif serta bisa menerima kondisi diri dengan baik.

Setelah mendapatkan pemikiran dan perasaan yang lebih positif, selanjutnya dapat mencoba melakukan perawatan fisik yang komprehensif. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penampilan dengan baik dan proporsional sesuai dengan kepribadian serta kenyamanannya sendiri.

Dengan memiliki perasaan yang lebih positif serta perawatan fisik yang komprehensif, maka individu dapat merasakan peningkatan rasa percaya diri. Dengan begitu, akan memberikan positivitas di berbagai aspek kehidupan, baik dalam dunia profesional maupun interaksi sosial remaja tersebut. (ant/fra/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs