Sabtu, 20 April 2024

Pakar: Lakukan Medical Check Up sebelum Memulai Rutinitas Aktivitas Fisik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi olahraga lari (jogging). Foto: Alodokter

Emilia E. Achmadi MS., RDN pakar nutrisi olahraga menyarankan siapa saja yang hendak memulai aktivitas fisik secara rutin untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kita perlu tahu apa yang terjadi dalam tubuh kita,” kata Emilia dilansir dari Antara pada Sabtu (12/8/2023) sore.

Pemeriksaan kesehatan menjadi penting karena sebelum melakukan aktivitas fisik, seseorang perlu memastikan bahwa tubuhnya sehat dan mampu dalam menjalankan rutinitas tersebut.

Menurut Emilia, terdapat beberapa faktor risiko penyakit yang tidak dapat dideteksi tanpa melalui pemeriksaan kesehatan.

“Banyak hal perubahan dari sisi kesehatan. Tekanan darah naik, gula darah naik, itu semua tidak ada gejala yang muncul ke permukaan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. “Agar tahu siapa kita, fungsi organ kita seperti apa, apakah kita siap melakukan apa yang mau kita lakukan. Kalau itu sudah selesai everything is good,” lanjutnya.

Setelah memastikan kondisi kesehatan tubuh, lakukan aktifitas fisik minimal selama 45 menit setiap hari atau setidaknya lima hari dalam seminggu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, aktivitas fisik dapat dimulai dengan olahraga yang paling mudah dilakukan.

Selain aktifitas fisik, dia mengingatkan untuk tetap menjaga waktu istirahat cukup serta menerapkan pola makan sehat. Sebab ketiga hal itu harus dijaga secara bersamaan supaya tidak menimbulkan gangguan kesehatan. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs