Kamis, 22 Februari 2024

Simak Tips Menjaga Komponen Sepeda Motor saat Musim Hujan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi sebuah motor yang melintas di jalan raya ketika hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Musim hujan membawa beberapa perubahan aktivitas serta memberi dampak bagi sepeda motor. Curah hujan tinggi membuat jalanan yang dilalui tergenang air sehingga dapat membasahi komponen pengapian motor.

Menjaga komponen motor saat musim hujan sangat penting untuk memastikan kinerja optimal dan keamanan berkendara.

M. Bondan Priyoadi Technical Service Division Head MPM Honda Jatim mengatakan, perawatan komponen sepeda motor dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di Kartu Perawatan Berkala (KPB). Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima.

Selain itu, agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan saat di jalan dan performa sepeda motor akan tetap optimal, berikut adalah beberapa tips untuk merawat komponen sepada motor saat musim hujan:

1. Mencuci Sepeda Motor
Cucilah sepeda motor yang terkena air hujan supaya kondisinya bersih dan bebas dari pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen.

2. Periksa Tekanan Angin Ban
Dalam kondisi normal, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang. Selain tekanan angin pada ban, cek juga pemukaan ban apakah grip ban masih baik atau tidak.

Jika permukaan ban mulai halus segera ganti ban sebab kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin serta untuk mencegah kecelakaan.

3. Periksa Komponen Pengereman
Rem merupakan komponen yang wajib dan rutin dilakukan. Rem merupakan salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kampas rem.

4. Periksa Kondisi Rantai
Bagi penggguna sepeda motor tipe cub maupun sport yang masih menggunakan rantai, harus selalu diperiksa dan dirawat. Sebab, ketika musim hujan tiba, rantai motor menjadi cepat kering dan mudah berkarat.

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya.

5. Periksa Busi dan Tutup (Cop) Busi Motor
Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan cop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke busi yang membuat busi tidak berfungsi normal.

Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut. (feb/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs