Senin, 29 April 2024

Spotify Hadirkan Fitur Penerjemahan Suara untuk Podcast

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Logo Spotify ditampilkan di depan gedung bursa efek New York saat Spotify mencatatkan sahamnya. Foto: Reuters

Spotify mengumumkan fitur Voice Translation, yakni penerjemahan suara untuk podcast yang disiarkan di platform streaming audio tersebut.

“Dengan mencocokkan dengan suara kreator, Voice Translation memberikan kekuatan pada pendengar di seluruh dunia untuk menemukan dan terinspirasi oleh para podcaster dalam cara yang lebih autentik,” kata Ziad Sultan Wakil Direktur Personalisasi Spotify dilansir Antara, Selasa (26/9/2023).

Spotify menjanjikan pengalaman mendengarkan podcast yang lebih personal dan alami dibandingkan dubbing melalui fitur penerjemahan suara yang mereka kembangkan.

Pada proyek perdana, sejumlah podcast berbahasa Inggris diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, Inggris, dan Jerman.

Spotify bekerja sama dengan podcaster Dax Shepard, Monica Padman, Lex Fridman, Bill Simmons dan Steven Bartlett untuk memproduksi suara terjemahan yang ditenagai artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

“Kami yakin pendekatan bijaksana terhadap AI bisa membantu membangun hubungan yang lebih kuat antara pendengar dengan kreator, sebuah kunci penting dalam misi Spotify untuk membuka potensi kreativitas manusia,” kata Sultan.

Podcast yang sudah diterjemahkan akan muncul di laman Now Playing View untuk episode yang sudah diterjemahkan. Episode podcast lain yang diterjemahkan juga bisa ditemui pada bagian Voice Translation Hub.

Spotify merilis podcast yang sudah diterjemahkan kepada pengguna gratis maupun premium di seluruh dunia. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs