Senin, 29 April 2024

Spotify Batasi Pembayaran Iklan Pembuat Podcast White Noise

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Spotify. Foto: techcrunch.com/Bryce Durbin

Spotify mencabut beberapa hak istimewa periklanan untuk podcast white noise dalam upaya meningkatkan keuntungan tahunan perusahaan streaming audio ini.

Podcast white noise adalah jenis podcast yang menghadirkan suara latar yang merilekskan seperti hujan atau statis dalam sebuah lingkaran berulang.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Spotify menjelaskan perubahan dalam program Ambassador Ads-nya, yang membayar pencipta untuk membaca iklan yang mempromosikan konten Spotify, dalam sebuah email kepada kreator pada Jumat (1/9/2023) lalu.

Mereka mencatat bahwa pembuat podcast white noise tidak akan lagi memenuhi syarat untuk berpartisipasi mulai 1 Oktober.

Spotify tidak akan lagi menggunakan anggaran pemasarannya untuk mendukung pembuat podcast white noise melalui iklan duta, demikian laporan Bloomberg.

Namun, kreator seperti itu masih dapat menghasilkan uang di Spotify melalui pelanggan berbayar, dukungan pendengar, dan iklan otomatis, yang secara otomatis menempatkan iklan pihak ketiga ke dalam acara. Mirip dengan iklan YouTube.

Uang tersebut “tidak digunakan dengan baik,” menurut sumber Bloomberg, karena daftar putar noise ambient sering digunakan sebagai suara latar daripada menarik pendengar aktif.

Beberapa pembuat podcast white noise dapat menghasilkan hingga 18.000 Dolar AS (sekitar Rp274 juta) sebulan dari pendapatan iklan dengan memutar suara berulang yang merilekskan.

Program Ambassador Ads membayar pencipta berdasarkan impresi, dengan laporan Bloomberg bulan lalu yang menyoroti bahwa beberapa pembuat podcast dapat menghasilkan hingga 18.000 Dolar AS sebulan melalui program ini. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs