Jumat, 3 Mei 2024

Tas Ukuran Mikroskopis Garapan MSCHF Terjual Senilai 63,750 US Dollar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tas tangan ukuran mikroskopis buatan MSCHF. Foto: BBC

Sebuah tas tangan mikroskopis yang memiliki ukuran lebih kecil dari sebutir garam telah terjual seharga 63,750 US Dollar (hampir 1 miliar Rupiah) dalam sebuah lelang.

Sebuah mikroskop diperlukan untuk melihat desain tas tersebut, karena benda tersebut berukuran 657 x 222 x 700 mikrometer.

“Cukup sempit untuk melewati mata jarum, ini adalah tas yang sangat kecil sehingga Anda membutuhkan mikroskop untuk melihatnya,” kata kolektif seni di balik pembuatan tas tersebut, seperti dikutip dari BBC, Jumat (30/6/2023).

MSCHF kolektif seni, yang berbasis di Brooklyn, dikenal dengan desain-desainnya yang kontroversial.

Karya-karyanya antara lain adalah sepatu yang mengandung darah manusia, sepatu olahraga dengan air suci di bagian solnya, cologne yang berbau seperti WD-40, dan sepatu bot karet raksasa berwarna merah.

Kali ini, kolektif ini memutuskan untuk membuat tas tangan (handbag) kecil ke tingkat yang lebih ekstrem.

“Ada tas tangan besar, tas tangan normal dan tas tangan kecil, tapi ini adalah kata terakhir dalam miniaturisasi tas,” ungkap MSCHF dalam sebuah postingan tentang tas tersebut.

Tas ini menampilkan merek Louis Vuitton desainer tas tangan mewah, tetapi tidak memiliki hubungan dengan merek tersebut.

Bahan utama tas ini merupakan resin photopolymer dan dibuat dengan menggunakan teknologi cetak 3D yang sering digunakan untuk membuat model dan struktur mekanik yang kecil.

Ketika sedang dibuat, beberapa sampel tas kecil yang dikirim untuk ditinjau oleh merek tersebut. Ukurannya sangat kecil sehingga sempat hilang oleh tim MSCHF.

Meskipun begitu, kehilangan barang tersebut seharusnya tidak terlalu mengkhawatirkan bagi pemilik tas baru, karena sebuah mikroskop dengan tampilan digital disertakan dalam pembelian.

Mikroskop dengan tampilan digital dapat dibeli dari pengecer online dan harganya berkisar antara 60 hingga ribuan US Dollar.

Situs lelang tidak mencantumkan harga mikroskop secara terpisah dari tasnya. Penawaran untuk barang tersebut mulai dari $15.000.

Terkait penggunaan merek Louis Vuitton pada tas tersebut, Kevin Wiesner kepala kreatif MSCHF, mengatakan kepada New York Times awal bulan ini bahwa grup tersebut tidak meminta izin dari merek tersebut untuk menggunakannya.

“Kami sangat menganut aliran ‘minta maaf, bukan izin’,” tandasnya. (bnt/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs