Kamis, 22 Februari 2024

X Sekarang Menyortir Post Berdasarkan Likes

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi X, yang dulunya disebut Twitter. Foto: Techcrucnch

X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, sekarang mengurutkan postingan berdasarkan jumlah likes, bukan berdasarkan urutan unggahan saat pengguna log out.

Unggahan, yang sebelumnya disebut tweet, masih muncul dalam urutan kronologis pada profil saat pengguna log in ke X. Tetapi setelah pengguna log out, unggahan diurutkan berdasarkan performa.

Melansir Techcrunch pada Kamis (17/8/2023), platform ini mengurutkan postingan berdasarkan likes, dan bukan views. Sebab unggahan yang memiliki lebih banyak views tetapi jumlah likes yang lebih rendah akan muncul lebih rendah di feed.

Perubahan ini jelas merupakan hal yang aneh. Terutama karena unggahan yang paling banyak disukai pengguna bisa jadi berasal dari tahun lalu. Metode penyortiran yang baru mengubur postingan baru dan terbaru demi postingan populer.

Pengujian oleh Techcrunch menunjukkan, meski pengguna memiliki postingan yang disematkan (pinned post), postingan itu tidak akan muncul di bagian atas feed profil pengguna ketika pengguna log out. Sehingga membuat fungsi postingan yang disematkan tidak berguna.

Ada kemungkinan bahwa perusahaan percaya bahwa jika pengguna yang log out lebih dulu menemukan kiriman terpopuler, mereka mungkin akan lebih cenderung mengikuti pengguna dengan kiriman tersebut atau bahkan log in ke X. (bnt/saf/ingat)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs