Kamis, 2 Mei 2024

8 Tips Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas bagi Penderita Diabetes

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca panas, matahari terik. Grafis: suarasurabaya.net

Saat musim panas yang intens melanda banyak wilayah di negara ini, penting untuk mengambil tindakan menjaga kesehatan, karena panas yang ekstrem dapat berdampak buruk pada penderita diabetes.

Pasalnya, cuaca panas tidak hanya memicu dehidrasi karena sering buang air kecil. Tapi, juga kesulitan mendinginkan tubuh.

Dikutip Antara pada Jumat (19/4/2024), panas dan kelembapan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani diabetes dapat memengaruhi respons tubuh terhadap panas atau meningkatkan risiko dehidrasi.

Terkait hal itu, Bhama Ponmani konsultan dan Dokter Mohan ahli diabetes berbagi tips penting untuk tetap terhidrasi dan sehat selama cuaca panas, antara lain:

1. Pantau tingkat hidrasi

Awasi status hidrasi Anda dengan memeriksa warna urine (kuning pucat menunjukkan hidrasi yang cukup) dan pantau tingkat rasa haus. Usahakan untuk minum lebih banyak cairan dari biasanya selama gelombang panas.

2. Minum banyak air

Air adalah teman terbaik di cuaca panas. Usahakan untuk minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air per hari, dan tingkatkan asupan jika lebih banyak berkeringat karena suhu tinggi atau aktivitas fisik.

3. Hindari minuman yang menyebabkan dehidrasi

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, serta minuman beralkohol dan minuman ringan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

4. Makan makanan yang menghidrasi

Sertakan buah-buahan dan sayuran kaya air dalam diet Anda, seperti mentimun, semangka, jeruk, dan tomat. Makanan ini tidak hanya memberikan hidrasi tetapi juga nutrisi penting.

5. Cari lingkungan sejuk

Tetap tenang dan carilah lingkungan yang sejuk selama waktu terpanas hari itu.

6. Lindungi kulit Anda

Kenakan pakaian ringan dan longgar yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Gunakan tabir surya untuk mencegah sengatan matahari yang juga bisa mengurangi kehilangan cairan.

7. Pantau kadar gula darah

Panas dapat mempengaruhi pengendalian gula darah. Periksa kadar gula darah secara teratur dan sesuaikan dosis obat atau insulin sesuai petunjuk dokter Anda.

8. Rencanakan aktivitas luar ruangan dengan bijak

Jika perlu berada di luar ruangan, jadwalkan aktivitas pada waktu yang lebih sejuk, seperti pagi atau sore hari. Sering-seringlah beristirahat di tempat teduh dan hindari aktivitas berat selama jam-jam puncak cuaca panas.(ant/ike/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs