Senin, 29 April 2024

Sandiaga Sambut Wisman Pertama Tahun 2024 di Kepulauan Riau

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menparekraf menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama di tahun 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri), Senin (1/1/2024). Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama tahun 2024, di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri).

Adapun wisatawan yang disambut oleh Sandiaga, berasal dari Singapura untuk menghabiskan waktu libur tahun baru mereka di Bintan.

“Selamat datang wisatawan pertama yang datang ke Kepulauan Riau di Bintan. Tahun depan kami siap dengan lonjakan yang signifikan, untuk itu kita pastikan bahwa pariwisata aman nyaman dan menyenangkan. Kabar barunya untuk pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri sudah ada di Kementerian Keuangan,” kata Sandi, Senin (1/1/2023) seperti dikutip laman resmi Kemenparekraf.

Dia menjelaskan, Kepri menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara ketiga terbesar setelah Bali dan Jakarta.

Pada 2023, Kepri diperkirakan mampu menyumbang 20 persen dari total wisman yang datang ke tanah air, dengan perkiraan mencapai 10 juta wisman.

“Ada potensi menembus 20 persen. Tahun 2024 targetnya mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke tanah air. Dengan beberapa revitalisasi pelabuhan-pelabuhan serta promosi wisata ke negara tetangga,” ujarnya.

Sementara Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau pada kesempatan yang sama mengapresiasi kehadiran Menparekraf yang dinilai terus memotivasi dan memberikan perhatian lebih terkait pengembangan sektor pariwisata kepada Kepri.

Dia mengatakan berdasarkan data, hingga Oktober 2023 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri mencapai 1,2 juta kunjungan.

“Diperkirakan dari data BPS hingga akhir Desember tahun 2023 bisa mencapai 1,5 juta kunjungan. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada turbulensi ekonomi agar pariwisata kita bisa meroket,” katanya.

Ansar Ahmad mengatakan, catatan Pemprov di tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri tembus mencapai hampir tiga juta kunjungan.

“Tahun ini saya berharap ada tambahan kapal dari Johor Malaysia ke Kepri,” ujarnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs