Rabu, 24 Juli 2024

Segera Rilis iOS 18, Apple Klaim Jadi Update Terbesar Sepanjang Sejarah Iphone

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Logo Apple terlihat di toko Apple di The Marche Saint Germain di Paris, Prancis 15 Juli 2020. Foto : Antara

Apple berencana merilis iOS 18 pada Juni mendatang dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC). Pembaruan ini mungkin akan menjadi yang terbesar dalam sejarah perusahaan raksasa teknologi tersebut.

“Dengan pengetahuan tersebut, konferensi pengembang Apple di bulan Juni nanti akan menjadi sangat menarik,” tulis Gurman dari Bloomerg, dikutip Tech Crunch pada Selasa (30/1/2024).

iOS 18 dirancang untuk membawa sejumlah fitur kecerdasan buatan baru, menjadikannya sebagai pembaruan yang sangat ambisius dan menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Gurman melaporkan bahwa Apple akan meluncurkan Siri, asisten pribadi buatan Apple, dengan memanfaatkan sistem AI baru. Penambahan sistem AI ke dalam perangkat lunak ini untuk menggabungkan model bahasa besar (LLM) guna memperkuat kinerja Siri.

Selain itu, Apple akan menambahkan AI ke Apple Music untuk membuat daftar putar otomatis.

Integrasi AI berikutnya di iOS 18 adalah pembuatan aplikasi pesan yang bisa menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis serta penambahan fitur AI generatif ke Xcode, aplikasi bagi para pengembang, agar penulisan aplikasi bisa lebih cepat.

Perusahaan rintisan Steve Jobs itu, juga akan menambahkan AI generatif ke iWork, perangkat lunak seperti Microsoft Office, untuk meningkatkan performa Keynote dan Pages.

iOS 18 juga akan mengadopsi standar perpesanan rich communication services (RCS), seperti yang diungkapkan Apple pada bulan November lalu. RCS dianggap sebagai pengganti atau generasi berikutnya untuk SMS dan multimedia messaging service (MMS). RCS memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur-fitur canggih seperti tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, obrolan grup yang lebih baik, serta pengiriman gambar, video, dan audio berkualitas tinggi.

Meskipun pihaknya berencana untuk mengadopsi RCS, namun Apple telah mengkonfirmasi bahwa pesan yang dikirim dari pengguna Android ke iPhone akan tetap ditampilkan dalam gelembung hijau.

Selanjutnya, belum ada rincian tambahan mengenai fitur iOS 18, jelas bahwa Apple memiliki rencana besar selain fitur-fitur kecerdasan buatan yang telah diungkap. Kemungkinan akan ada lebih banyak tentang pembaruan perangkat lunak ini seiring dengan semakin dekatnya pengumuman resmi dalam beberapa bulan ke depan. (azw/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs