Rabu, 17 April 2024

Apple Hanya Uji Coba Fitur Sideloading di iPhone

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tampilan iPhone 15 yang baru saja diluncurkan oleh Apple. Foto: TechCrunch

Apple baru-baru ini merilis versi beta untuk sistem operasi iOS 17.4 untuk mengenalkan perubahan fitur sejalan dengan adanya Undang-Undang Pasar Digital (DMA) yang dikeluarkan oleh Uni Eropa.

Versi pembaruan tersebut dirancang untuk para pengguna di Uni Eropa dapat melakukan sideloading, sebuah proses yang memungkinkan pengguna gawai dapat mengunduh dan memasang sebuah aplikasi dari sumber luar dan bukan dari toko aplikasi resmi gawai.

Dilansir Antara pada Minggu (28/1/2024), dua uji coba sideloading tersebut nantinya hanya akan berlaku di iPhone saja dan untuk pengguna iPad tidak akan bisa menggunakan fitur tersebut.

Padahal sebenarnya sistem operasi pada iPad yaitu iPadOS dan iOS milik iPhone memiliki dasar yang sama.

Namun terkait dengan sideloading kali ini, Apple nampaknya telah memutuskan untuk membatasi fitur itu hanya tersedia di iPhone.

Itu artinya untuk pengguna iPad nantinya tidak dapat menginstal aplikasi dari pihak ketiga dan tetap hanya dapat mengandalkan App Store dari Apple.

Selain itu, opsi seperti memilih mesin pencarian alternatif atau mengubah aplikasi pembayaran dompet elektronik terbatas pada iPhone dan tak bisa diakses oleh pengguna iPad.

Terkait dengan sideloading, dalam regulasi DMA yang dirilis oleh Uni Eropa singkatnya mengharuskan perusahaan teknologi-teknologi skala besar yang memiliki layanan “gatekeeper” untuk mengurangi pembatasan sehingga dapat menciptakan pasar yang lebih kompetitif secara sehat.

iOS yang dimiliki oleh Apple termasuk sebagai layanan “gatekeeper” tersebut, namun memang dalam aturan tersebut iPadOS tidak disebutkan. Mungkin saja karena itu Apple membatasi pengujian sideloading saat ini hanya tersedia di iPhone. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs