Senin, 29 April 2024

TikTok Creator Fund Diperbarui, Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Kreator hingga 250 Persen

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
TikTok. Foto: Tech Crunch Ilustrasi TikTok. Foto: Getty Images

TikTok pada Rabu (6/3/2024) hari ini mengumumkan bahwa dana kreator yang telah diubah berhasil meningkatkan total pendapatan kreator lebih dari 250 persen dalam enam bulan terakhir.

Perusahaan mengatakan bahwa dana tersebut, yang diluncurkan setahun yang lalu dan pada akhirnya menggantikan Dana Kreator TikTok yang sebelumnya sebesar 1 miliar Dolar AS, akan segera diluncurkan dalam versi beta dalam beberapa minggu ke depan.

Dilansir dari Techcrunch, TikTok juga mengumumkan bahwa alat monetisasi Langganan LIVE-nya diubah namanya menjadi “Subscription” dan akan segera diperluas ke kreator non-LIVE.

Pada saat peluncuran, kreator yang telah diubah namanya menjadi Program Kreativitas. Setelah keluar dalam versi beta, program ini sekarang berganti nama menjadi “Program Imbalan Kreator.”

Tidak seperti Creator Fund yang asli, program baru ini memberikan penghargaan kepada kreator untuk konten yang lebih panjang, karena program ini memberikan penghargaan kepada pengguna yang membuat video lebih dari satu menit.

Sejak meluncurkan fitur durasi video yang lebih panjang, TikTok menyebut pengguna menghabiskan 50 persen waktunya untuk menonton konten dengan durasi lebih panjang. Sementara jumlah penonton meningkat hampir 40 persen selama enam bulan terakhir.

Dana yang telah direvisi ini dibuat sebagai tanggapan atas keluhan dari para kreator yang mengatakan bahwa model TikTok sebelumnya menawarkan pembayaran yang rendah. Beberapa kreator mengatakan, mereka hanya mendapatkan beberapa dolar untuk video yang mendapatkan jutaan penayangan.

Ketika TikTok pertama kali memperbarui sistem pendanaannya, mereka memperkirakan para kreator dapat menghasilkan lebih dari 20 kali lipat dari apa yang mereka hasilkan sebelumnya di TikTok.

Meskipun berusaha bersaing dengan YouTube dengan meluncurkan fitur durasi video yang lebih panjang, namun TikTok tidak menawarkan pembayaran yang sama dengan YouTube. Platform untuk menonton video secara online tersebut, membagi pendapatan iklan dengan para kreatornya, dengan membayar 30 miliar Dolar AS dalam tiga tahun.

Dana kreator TikTok yang baru berusaha untuk mewujudkan keinginan para kreator dan mendorong mereka untuk membuat video dengan durasi yang lebih panjang di TikTok, tidak hanya di YouTube.

Sedangkan untuk penawaran Subscription yang didesain ulang, TikTok menawarkan kreator non-LIVE sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan penonton mereka melalui konten dan fasilitas eksklusif.

TikTok awalnya akan menyediakan layanan ini untuk para kreator dengan basis undangan saja, sementara para kreator yang memenuhi syarat dapat mendaftar untuk mendapatkan akses dalam beberapa minggu ke depan.

Dengan memperluas alat ini, TikTok memungkinkan para kreator untuk menawarkan fasilitas kepada pelanggan mereka untuk video dan LIVE mereka, bukan hanya LIVE.

Para kreator akan dapat memposting video eksklusif yang hanya dapat dilihat oleh pelanggan. Pengguna yang berlangganan kreator akan mendapatkan lencana pelanggan yang ditampilkan di sebelah nama mereka ketika mereka mengirim komentar di video dan selama LIVE. TikTok mengatakan bahwa lebih banyak fasilitas akan tersedia setelah fitur ini diluncurkan sepenuhnya.

TikTok juga mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan pusat edukasi Creator Portal menjadi Creator Academy untuk menyediakan sumber daya, kursus, artikel, dan wawasan terbaru bagi para kreator.

Pusat edukasi yang telah diperbarui saat ini sedang dalam tahap uji coba dan akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan dalam tujuh bahasa yang berbeda, dan akan diperbanyak lagi. (azw/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs