Kamis, 23 Mei 2024

Dokumentasi Mudik dengan Kamera Smartphone

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan
sumber : Surabaya City Guide

Kamera saat ini menjadi fitur yang cukup penting dalam penggunaan ponsel. Kualitas kamera dalam ponsel seringkali menjadi pertimbangan utama pemilihan sebuah produk.

Ponsel dengan kamera berkualitas baik biasanya mahal, namun dengan ponsel berkamera standar pun kita sebenarnya bisa memaksimalkan fitur menarik ini dengan teknik pengambilan gambar yang baik.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapat hasil gambar yang baik dari kamera ponsel Anda, agar libur lebaran Anda terdokumentasikan dengan baik.

Dekati obyek, jangan gunakan zoom – Selalu usahakan untuk bisa memotret dari jarak yang cukup sehingga obyek bisa masuk ke dalam frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom akan menurunkan kualitas foto dan membuat foto tidak tajam.

Pastikan obyek berada di cahaya yang cukup – Usahakan obyek foto medapatkan penerangan yang cukup dari sumber cahaya. Untuk foto indoor, dekatkan objek pada pintu atau jendela yang sinarnya menerangi ruangan. Atau mendekatlah pada lampu utama. Jika perlu menggunakan flash, harus diingat bahwa jarak efektif flash hanya sekitar 2 meter.

Tangan tetap tenang setelah menjepret – Kamera handphone memiliki shutter lag, yaitu jeda waktu saat menjepret dan saat kamera mulai merekam sebuah foto. Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.

Pastikan lensa selalu bersih – Handphone yang lama berada di kantong memungkinkan kotoran menempel di lensa. Oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan. Jika berminyak, bisa menggunakan cairan pembersih kacamata.

Memotret dengan sudut yang tidak biasa – Foto yang dibuat dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Untuk itu cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya sedikit ke bawah dari obyek, atau dari sela-sela rumput.

Ambil foto yang banyak untuk satu objek – Untuk mendapatkan satu foto andalan, ambillah satu objek dengan beberapa kali jepretan, dengan angel berbeda. Lalu bandingkan hasilnya, dan pilihlah foto yang terbaik

Minimalkan editing dengan bantuan aplikasi – Sah-sah saja menggunakan aplikasi tambahan yang sudah banyak beredar di webstore. Namun jangan melakukan editing yang berlebihan karena hal ini nantinya justru merusak originalitas foto itu sendiri.(scg)

sumber : {tooltip50}

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
31o
Kurs