Sabtu, 18 Mei 2024

Mudik Cerdas Bersama Gadget

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Selain kesiapan fisik dan kendaraan, tak kalah penting menyiapkan piranti gadget sebagai penunjang perjalanan mudik. Apalagi bila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Gadget yang dimaksud adalah sebuah piranti berteknologi. Dan piranti ini dapat memberikan kemudahan akses komunikasi, baik verbal ataupun non verbal yaitu berupa gambar. Sementara HP merupakan salah satu gadget ‘minimal’ yang telah dimiliki setiap orang. Dan fitur-fitur penunjang yang terdapat dalam smartphone, seperti akses internet ataupun fitur penunjang tertentu seperti GPS (Global Positioning System) yang bisa kita maksimalkan selama perjalanan mudik.

Anda bisa memaksimalkan piranti GPS Anda, atau GPS yang sudah dibenamkan dalam smartphone Anda. Dalam smartphone, Ada yang ber-GPS internal, GPS dongle atau GPS eksternal melalui koneksi bluetooth. Agar piranti GPS Anda sanggup membantu memudahkan perjalanan Anda, simak kiat berikut.

Piranti GPS
1. Tempatkan GPS di posisi yang mudah di jangkau tangan, Tapi hindari meletakkannya di tempat yang terpapar panas terus-menerus.
2. Usahakan penggunaan GPS di luar ruangan yang langsung menghadap langit. Kala akan mengunci satelit usahakan tidak sedang bergerak, agar lebih mudah.
3. Pastikan juga Satelite Count terdeteksi, dan Satelite Used lebih dari 3 satelit.
4. Lakukan pengaturan untuk menghindari jalur macet. Pilihlah rute yang tercepat, bukan yang terpendek.
5. Sebaiknya gunakan waypoint. Perangkat GPS akan mengingat rute yang telah Anda tentukan. Untuk menghindari kemacetan, Anda jangan ragu untuk mencoba rute alternatif.

Ponsel Ber-GPS
1. Aktifkan fitur A-GPS (Assisted GPS). Ponsel akan mengakses server yang mengarahkan satelit yang harus ditangkap sinyalnya.
2. Bila tidak menggunakan A-GPS, Anda tetap dapat memakai GPS. Tapi butuh waktu lebih lama dan boros battery.
3. Hp GPS dengan bantuan satelit tidak mempengaruhi jumlah pulsa.
4. Bila menggunakan ponsel sebagai GPS, gunakan aksesori pendukung, seperti ponsel holder, atau hands free.(scg)

sumber : {tooltip50}

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs