Jumat, 29 Maret 2024

Berkendara Aman, Selamat Sampai Tujuan Dengan Sepeda Motor

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemudik menggunakan sepeda motor melintasi Jembatan Suramadu pada Lebaran tahun 2013 lalu. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Mudik bersama keluarga saat Lebaran, pasti menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Selain dengan menggunakan kendaraan umum, pilihan menggunakan kendaraan pribadi bagi yang memiliki juga memberikan keuntungan tersendiri. Selain lebih intim, Anda juga dapat beristirahat sewaktu-waktu dan dapat mampir membeli oleh-oleh.

Sepeda motor banyak dipilih masyarakat yang akan mudik. Mengingat perjalanan mudik menempuh jarak yang jauh dan dalam waktu lama, tentu harus memberi perhatian ekstra pada kendaraan Anda. Berikut beberapa hal menurut tim Honda Safety Riding dan Dharma Safety Drive yang harus dipersiapkan jika tahun ini Anda memilih mudik dengan mengendarai sepeda motor:

Kondisi sepeda motor

1. Servis sepeda motor Anda, dua minggu sampai satu bulan sebelum mudik. Manfaatkan program dan promo khusus bengkel resmi. Bahkan beberapa bengkel ada yang menawarkan layanan service di rumah, dengan pemesanan melalui telepon. Layanan service minimal yang perlu dilakukan pada sepeda motor Anda adalah tune up dan ganti oli.
2. Cek kondisi ban, jangan sampai gundul. Perhatikan indeks keausannya. Secara kasat mata, bagian yang lebih cembung jika sudah setara dengan permukaan ban, maka wajib diganti.
3. Biasanya saat perjalanan mudik, kendaraan akan dipacu dengan kecepatan tinggi. Anda harus mengecek kondisi rem dengan melihat apakah kampas rem depan dan belakang masih cukup atau tidak. Cek juga minyak remnya.
4. Cek lampu depan dan righting. Saat mudik, jangan sampai barang bawaan menutupi lampu.
5. Perhatikan fairing roda agar jangan terlalu rendah, sebab hal ini dapat mengakibatkan roda cepat rusak.
6. Cek tekanan ban sesuai standar 28 sampai 30 psi.
7. Jangan lupa melumasi rantai.

Kelengkapan pribadi
1. Kenakan helm SNI dan jaket yang berwarna cerah. Juga jangan lupa kenakan sarung tangan, sepatu yang menutup mata kaki dan celana panjang.
2. Perhatikan berat barang bawaan Anda. Barang bawaan tidak boleh melebihi muatan dari pabrik, yakni 180-200 kilogram. Tinggi barang bawaan jangan melebihi tinggi motor; lebarnya juga tidak melebihi lebar stang kemudi dan panjangnya jangan sampai melebihi motor. Jangan menambahkan kayu atau bambu untuk barang bawaan. Lebih baik gunakan box untuk mewadahi barang bawaan Anda atau kirim ke kampung halaman jauh hari sebelum mudik.
3. Jangan berboncengan lebih dari seharusnya. Semakin banyak jumlah penumpang, maka kurangi beban barang bawaan.
4. Jangan sampai lupa membawa kelengkapan dokumen berupa STNK dan SIM. Perhatikan batas waktu berlakunya, jangan sampai dokumen Anda telah mati.
5. Terakhir, siapkan kondisi psikologis Anda. Nikmati perjalanan Anda dengan senang dan bahagia karena akan bertemu dengan keluarga.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs