Sabtu, 18 Mei 2024

Menjaga Mata Tetap Awas Selama Berkendara Jarak Jauh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Saat mudik Lebaran, para pengendara kendaraan bermotor harus mengemudi dalam jangka waktu lama. Selain menjaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan tidur cukup minimal enam jam sehari, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mata tidak cepat lelah selama mengemudi.

Kewaspadaan Anda dalam berkendara memegang peran penting bagi keselamatan seluruh anggota keluarga.

Berikut tips menjaga kondisi mata selama berkendara jarak jauh dari dr. Widodo Purnomo, Sp.M, dokter spesialis mata Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya:

1. Gunakan kacamata hitam saat berkendara di siang hari;
2. Jangan membuka jendela mobil atau jika Anda mengendarai sepeda motor, jangan lupa menutup kaca helm. Langkah ini penting karena selain hembusan angin dapat membuat mata kering, paparan langsung cahaya matahari di wilayah khatulistiwa pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, kurang baik untuk mata Anda;
3. Jangan mengarahkan AC mobil langsung ke wajah Anda karena hembusan angin AC dapat membuat mata cepat kering;
4. Bagi Anda yang pernah didiagnosis menderita mata kering, jangan lupa selalu membawa lubricant atau air mata buatan dan meneteskannya sesekali pada bola mata Anda;
5. Bagi Anda yang menderita minus dan/atau silinder, jangan lupa menggunakan kacamata Anda;
6. Berhenti dan istirahatkan mata Anda selama 5 sampai 10 menit, jika Anda mulai merasakan lelah pada mata Anda.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs