Jumat, 17 Mei 2024

Menu Sahur dan Buka Agar Tetap Sehat di Bulan Ramadhan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Saat berpuasa, sangat penting menjaga pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Profesor Bambang seorang ahli gizi memberikan panduan bagi Anda agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Sahur

Pada pagi hari, fungsi pencernaan manusia belum sempurna. Oleh karenanya, lebih baik Anda mengawali sahur dengan minum teh manis dan mengkonsumsi kue atau jajanan yang rendah lemak.

Setelah itu baru dilanjutkan dengan sepiring nasi, lauk dan sayur. Prof Bambang menganjurkan agar porsinya jangan terlalu banyak. “Prinsipnya cukup untuk beraktifitas di pagi hari,” katanya. Selanjutnya ditutup dengan sepotong buah segar yang tinggi serat.

Buka

Setelah berpuasa sehari penuh, sistem pencernaan Anda masih dalam kondisi “beristirahat”. Oleh karena itu, Prof Bambang menganjurkan untuk berbuka dengan makanan yang ringan atau yang bisa disebut dengan Takjil, semisal teh manis.

Setelah itu dilanjutkan Shalat, baru makan makanan “berat” yang terdiri dari sepiring nasi, lauk dan sayur. “Tetap diusahakan mengkonsumsi dalam kondisi cukup, tidak terlalu kenyang dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak,” kata Prof Bambang.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs