Minggu, 5 Mei 2024

Mudik Aman, Terhindar dari Kejahatan Jalanan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Kejahatan jalanan dapat mengincar siapa saja tanpa pandang bulu. Pengendara roda empat yang sedang berhenti di traffic light (TL) sering menjadi korban pencurian.

Dua modus yang dilakukan pencuri yang mengincar mobil adalah dengan membuka pintu mobil dan memecah kaca mobil. Tas, laptop dan handphone dilaporkan sebagai barang yang sering diincar para pencuri dari pengendara roda empat.

Pencurian dengan memecah kaca terjadi di Citraland, Darmo Permai, Mc Donald Satelit dan HR Muhammad. Sementara pencurian dengan membuka pintu mobil kebanyakan terjadi di beberapa traffic light, di antaranya Dupak, MERR, Sukomanunggal, Arief Rahman Hakim dan Tidar. Selain itu juga di Jalan Kertajaya, Bukit Darmo, Kusuma Bangsa, Bogowonto dan di sekitar Lenmarc.

Berikut langkah-langkah menghindari kejahatan jalanan selama mudik Lebaran menurut AKBP Takdir Mattanete Kasatreskrim Polrestabes Surabaya :

1. Jangan lengah selama mengemudi.
2. Jangan memamerkan tas atau uang dalam jumlah banyak di dalam mobil.
3. Tingkat kegelapan kaca film yang dianjurkan adalah 40 sampai 60 persen.
4. Lebih baik jika Anda mudik bersama teman atau anggota keluarga.
5. Taruh alat mekanik mobil di bawah jok Anda agar mudah dijangkau. Saat berada dalam keadaan genting, alat mekanik seperti kunci ban dapat digunakan sebagai senjata.
6. Untuk berjaga-jaga, tidak ada ruginya jika Anda juga menyediakan alat membela diri lainnya, semisal semprotan dan alat penyengat listrik.
7. Abaikan jika ada yang orang tidak dikenal yang mengetuk kaca mobil Anda.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs