Sabtu, 20 April 2024

Tradisi Pawai Ramadhan Masyarakat Surabaya Menyambut Hari Kemenangan

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Sesaat setelah Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama mengumumkan 1 Syawal jatuh pada Kamis, (16/7/2015), ribuan umat Muslim Surabaya langsung bersorak-sorai merayakan hari kemenangan.

Mereka yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Masjid dan Musholla (FORSIKOM) se-Surabaya tersebut langsung melakukan pawai ramadhan keliling wilayah Pakis Surabaya.

Mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, muda-mudi, hingga anak-anak dan balita tumpah ruah bersuka cita sambil meneriakkan “Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, Laa Illaa H aIlla Allahu Wa Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa Lillaahilhamd” sepanjang jalan.

Bunyi drum band, bacaan takbir, dan petasan campur menjadi satu suara kemenangan umat Muslim Surabaya menyambut hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H.

Sunaryo, salah seorang koordinator TPA Al-Badar Surabaya mengatakan tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 90an di wilayah Pakis Surabaya.

“Sudah lama sekali mulainya tradisi ini. Ini memang sudah dilakukan oleh FORSIKOM tiap malam Idul Fitri dan Idul Adha. Sebagai bentuk syiar dan ajang silaturahmi,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Pawai ramadhan ini sendiri diikuti oleh sekitar 1500 orang dari 15 Masjid dan Musholla yang ada di Surabaya.

Sesaat setelah suarasurabaya.net meliput pawai ini, gema takbir dan kehangatan masyarakat Surabaya meresap menjadi satu di dalam kepala. (dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs