Selasa, 30 April 2024

STTAL Bangun Laboratorium Hidro Oseanografi Sesuai Standar Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peletakan batu pertama pembangunan laboratorium Hidro Oseanologi di STTAL. Foto: Humas STTAL

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) akan membangun gedung laboratorium baru untuk integrasikan semua laboratorium Hidro Oseanografi.

Sebelumnya, semua laboratorium harus terintegrasi dan menyatu dengan gedung Pushidrosal.

Laksamana Pertama TNI Dr Ir Avando Bastari Komandan STTAL mengatakan, pembangunan ini juga untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa.

“Gedung laboratorium Hidro Oseanografi ini direncanakan dibangun tiga lantai dengan komposisi; Lantai satu terdiri dari laboratorium Hidrografi, laboratorium Oseanografi dan laboratorium investasi bawah air,” ujarnya saat peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti pembangunan laboratorium Hidro Oseanografi STTAL di Sunter Kodamar, Jakarta, Sabtu (5/2/2022).

Sedangkan pada Lantai dua meliputi laboratorium processing data Hidrografi dan Osmet, laboratorium Geodetik, laboratorium meteorologi dan laboratorium kartografi.

Pembangunan gedung laboratorium ini akan terus berlanjut ke depannya pada pengerjaan penambahan lantai tiga.

Semua fasilitas laboratorium Hidro Oseanografi tersebut disesuaikan dengan standar International Hydrographic Organization (IHO) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Informasi Geospasial yang merupakan pondasi dari sistem manajemen dan pengembangan SDM berbasis kompetensi yang berlaku di luar dan dalam negeri.

“Secara bertahap STTAL juga akan melengkapi fasilitas pendidikan yang lainnya seperti, gedung perkantoran, ruang kelas, fasilitas olah raga, jaringan teknologi informasi, termasuk perpustakaan moder dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup atau green campus sehingga mahasiswa Hidros dapat mengikuti pendidikan dengan aman, nyaman, bersih, sehat dan fleksibel,” terang Laksma TNI Avando.

Acara yang dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Kasubdisfastanah Disfaslanal, Aslog Danlantamal III, Kadismat Pushidrosal, Kadisfaslan Lantamal III, Pabandya Fastanah Ban V Slogal, Pabandya Fasjasang Ban V Slogal, Kasi TGT Disfaslanal dan mitra terkait.

Sedangkan Kolonel Laut (E) Maulana Wadan STTAL beserta PJU STTAL mengikuti secara Vicon di Lobby Gedung Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs