Kamis, 2 Mei 2024

Polda Jatim Sediakan 127 Bus untuk Mudik Balik Gratis, Pendaftaran Mulai Hari Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kombes Pol Muhammad Taslim Dirlantas Polda Jatim saat berada di Radio Suara Surabaya, Sabtu (15/4/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Kepolisian Polda Jawa Timur menyiapkan program mudik balik gratis dengan 127 bus sebagai upaya menekan angka laka lantas dalam momen arus balik nanti.

Kombes Pol Muhammad Taslim Chairudin Dirlantas Polda Jatim mengatakan pendaftaran mudik balik gratis sudah dimulai hari ini. Masyarakat bisa mendaftar di pos-pos pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2023, Polres, dan Polsek setempat.

“Selasa tanggal 25 April, kita targetkan sudah mulai ada (keberangkatan). Nanti saat mendaftar tinggal memberi informasi namanya siapa, nomor HP-nya berapa, kapan mau balik dan tujuan ke mana. Untuk sementara target kita itu yang mengarah ke Jakarta,” kata Taslim kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (23/4/2023).

Namun kata Taslim, bahwa rute mudik balik gratis ini bisa jadi bertambah, tergantung dengan tingginya animo masyarakat. Misalnya banyak tujuan mudik balik ke daerah Jawa Barat, maka pihak Polda Jatim bakal mengakomodir kebutuhan tersebut.

Sedangkan untuk keberangkatan mudik balik, akan diselenggarakan di sejumlah kota/kabupaten. Tapi kalau di wilayah itu jumlah pendaftarnya sedikit, Taslim telah membuat skenario supaya lebih efektif.

“Misalnya di Pacitan hanya 10 orang, nanti (Polsek/Polres) dari Pacitan punya kewajiban ngantar ke Surabaya untuk berkumpul dengan yang lain supaya satu bus lebih efektif,” jelasnya.

Berikut daftar tujuan dan titik kumpul program mudik balik gratis Polda Jawa Timur.

Taslim menjelaskan bahwa program mudik balik gratis ini merupakan instruksi dari Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri. Pihak Polda Jatim punya target tanggal 2 Mei, realisasi program ini sudah tuntas.

Supaya program bisa segera terealisasi, Taslim telah meminta satuan lalu lintas Polres jajarannya supaya menyediakan nomor hotline agar memudahkan masyarakat dalam mencari informasi mudik balik gratis.

“Nanti masyarakat juga bisa mendaftar online di saluran resmi yang saat ini sedang kita siapkan. Kita akan mengakomodir semua kebutuhan masyarakat,” ujar Taslim.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs