Jumat, 19 April 2024

Ratusan Warga Jatim Mudik Gratis ke Pulau Raas Sumenep dari Pelabuban Jangkar Situbondo

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menemui peserta mudik gratis di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Kamis (20/4/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Rangkaian program mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih berlangsung. Hari ini, Kamis (20/4/2013), pihak Pemprov memberangkatkan ratusan penumpang kapal menuju Pulau Raas Sumenep dari Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo.

Mudik gratis kali ini, memakai Kapal Motor Penumpang (KMP) Wicitra Dharma I yang berkapasitas 250 penumpang dan 150 kendaraan roda dua.

Total hingga hari ini, pemberangkatan kapal mudik gratis telah dilaksanakan sebanyak tiga kali (13,15, 17 April) dan pemberangkatan kali ini adalah pemberangkatan yang keempat.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (Jawa Timur) mengatakan jumlah penumpang yang sudah terangkut sebanyak 1.406 orang dan kendaraan roda dua yang sudah terangkut 562 unit dari Jangkar ke Raas.

“Mudik gratis ini dilaksanakan sebanyak delapan voyage/16 trip, sehingga total kapasitas 4.000 orang dan 2.400 unit kendaraan roda dua,” ujarnya, Kamis (20/4/2023).

Dengan diberangkatkannya masyarakat Jatim yang mudik rute Jangkar-Raas, Khofifah menegaskan keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pemudik dijadikan prioritas.

Gubernur Jatim juga menyampaikan Kementerian Perhubungan RI memprediksi adanya peningkatan jumlah pemudik dari 18,1 juta jiwa menjadi 21,2 juta jiwa ke Jawa Timur.

“Di dalam pergerakan mudik masyarakat tahun ini ada sekitar 52,8 persen peningkatan dari pergerakan tahun lalu. Harapannya tingkat hunian hotel/penginapan bisa meningkat, serta efek dari belanja UMKM masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Karna Suswandi Bupati Situbondo atas nama masyarakat menyampaikan rasa terima kasih atas wilayahnya yang mendapat perhatian dari Gubernur Khofifah.

“Situbondo juga tidak pernah lepas dari banyaknya bantuan dalam rangka memajukan Kabupaten Situbondo. Misalnya tahun ini untuk pelebaran jalan menuju Pelabuhan Jangkar sebanyak Rp10 miliar dan juga dalam upaya instalasi listrik di wilayah Merak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Nyono Kepala Dinas Perhubungan Jatim menyampaikan realisasi penumpang angkutan kapal mudik-balik gratis pada tahun ini hampir mencapai seribu orang.

Rinciannya, untuk voyage 1 (13 April) Jangkar-Raas mengangkut 293 penumpang dan 217 unit kendaraan roda 2, serta Raas-Jangkar mengangkut 13 orang penumpang dan 4 unit kendaraan.

Untuk voyage 2 (15 April) Jangkar-Raas mengangkut penumpang sebanyak 371 orang dengan 153 unit kendaraan roda 2, sedangkan rute Raas-Jangkar mengangkut sebanyak 12 orang penumpang.

Kemudian, untuk voyage 3 Jangkar-Raas mengangkut sebanyak 326 penumpang dengan 182 unit kendaraan roda 2. Kemudian untuk Raas-Jangkat mengangkut 9 orang dan 1 unit kendaraan roda 2.

“Untuk rute balik, ini masih sangat sepi dikarenakan saat ini peningkatan penumpang terjadi pada rute mudik Jangkar-Raas. Sementara, rencana pelayanan pada masa balik angkutan lebaran dari Raas akan dilaksanakan pada tanggal 30 April, 2 Mei, 4 Mei dan 6 Mei 2023 dengan kapasitas yang tersedia 2.000 penumpang dan 1.200 untuk kendaraan roda dua,” jelasnya.(wld/abd/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs