Jumat, 29 Maret 2024

Akuisisi BTN Ditunda, OJK Pasrah

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku pasrah atas tertundanya rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk oleh pemerintah selaku pemegang saham mayoritas kedua bank plat merah tersebut.

“Ya tentu saja itu kan keputusan pemilik. Pada prinsipnya kami ingin mendorong konsolidasi industri keuangan nasional. Kami mengetahui bahwa BTN juga mempunyai tugas yang sangat penting, yaitu mengembangkan mortgage bank. Dan tentunya itu menjadi pikiran kita semua,” kata Muliaman D Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK seperti yang dilansir dari Antara.

Muliaman menilai, pada dasarnya lembaga perbankan yang fokus pada pembiayaan perumahan, saat ini masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan tempat hunian.

Mortgage bank ini sejalan dengan kebutuhan perumahan yang sangat besar di Indonesia. Ini masih sangat perlu segera kita kembangkan,” ujar Muliaman.

OJK sebelumnya menyatakan memang akan mendorong konsolidasi lembaga perbankan yang diprioritaskan pada bank-bank yang dimiliki oleh pemegang saham yang sama.

Selain itu, konsolidasi pada bank-bank bermodal kecil, terkait dengan upaya menciutkan jumlah bank untuk membentuk bank berkapasitas modal yang lebih besar.

Muliaman menambahkan, selama ini OJK sudah sering melakukan pembicaraan dengan Bank BTN untuk mengembangkan produk-produk yang terkait dengan mortgage bank.

“Saya kira kita tidak perlu khawatir untuk belajar dari pengalaman dengan negara lain di dalam mengembangkan mortgage bank seperti BTN ini,” kata Muliaman.

Menurut dia, saat ini OJK memerlukan keberadaan Bank BTN yang kuat dan sehat dari sisi permodalan. Selain modal yang kuat, dia juga berharap, bank-bank BUMN bisa bekerja secara profesional yang dikelola secara baik, memiliki kemampuan atau size yang besar agar bisa menutupi dan melayani kebutuhan masyarakat.

“Tentu saja ketika sampai di situ, pemerintah sebagai pemilik, memiliki preferensi-preferensi. Saya dalam waktu dekat juga akan berbicara dengan Menteri Negara BUMN. Sebetulnya tidak hanya menyangkut Bank BTN, tetapi bagaimana ke depan peran dari bank-bank pemerintah ini sebagai lokomotif dari sistem perbankan nasional,” ujar Muliaman.

Menurut dia, selama ini, peran bank-bank pemerintah masih sangat besar terhadap sistem perbankan nasional.

“Saya kira perannya lebih dari 40 persen. Artinya, dia masih menjadi lokomotif. Dan tentu saja kami menginginkan bank pemerintah yang sehat dan kuat, karena akan menjadi lokomotif yang kuat bagi industri keuangan dan perbankan nasional,” ujar Muliaman. (ant/ain/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs