Jumat, 17 Mei 2024

Kunjungan Wisatawan Domestik di Jatim Yang Terbesar di Indonesia

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pantai Pancer Pacitan

Jariyanto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Selasa (9/9/2014) mengatakan potensi pariwisata di Jawa Timur hingga kini masih cukup menjanjikan. Bahkan pada 2013 lalu kunjungan wisatawan domestik di Jawa Timur capai 38 juta atau yang terbesar dari kunjungan wisatawan domestik di provinsi lainnya.

“Tahun ini kami prediksi kunjungan wisatawan domestik ini akan naik lagi 8-9 persen,” kata Jariyanto. Peningkatan ini karena berbagai destinasi baru saat ini terus bermunculan di berbagai kota yang ada.

Dia mencontohkan di Batu, saat ini menjadi pusat kunjungan wisatawan domestik. Begitu juga Surabaya, saat ini juga terus berbenah dan mulai menjadi primadona baru. Apalagi di Surabaya seluruh objek wisata mulai budaya, alam, belanja hingga kuliner juga telah ada.

Jadwal kegiatan budaya baik itu di Balai Pemuda maupun di gedung Cak Durasim juga telah pasti. “Surabaya juga terus bergeliat ini tentu harus terus didorong karena selain meningkatkan perekonomian, pariwisata juga bisa menghibur warganya,” kata Jariyanto.

Sementara itu, meski kunjungan wisatawan domestik cukup tinggi, tapi kunjungan wisatawan asing ternyata masih cukup sedikit dan hanya diurutan ke lima dibandingkan provinsi lainnya.

Minimnya akses transportasi ke kawasan destinasi andalan dinilai menjadi penyebab utama minimnya jumlah kunjungan wisatawan asing ini. “Jatim sendiri kini mulai membuka beberapa bandara perintis diantaranya di Jember, Banyuwangi, Madura dan Bawean,” kata dia.

Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing, pihaknya juga terus mempromosikan beberapa destinasi yang ada. Gunung Bromo dan Ijen yang sudah melegenda juga terus dipromosikan. Begitu juga bekas kerajaan Majapahit saat ini juga terus dihidupkan dengan berbagai kegiatan.

Selain itu, beberapa kawasan yang awalnya belum terjamah juga mulai dibuka. Dia mencontohkan pantai di kawasan Pulau Merah Banyuwangi saat ini menjadi incaran wisatawan asing.

Begitu juga pantai Pancer yang ada di Pacitan, kini juga mulai didatangi wisatawan asing karena kejernihan air laut dan ombaknya yang cukup tinggi untuk arena surfing. (fik/rst)

Foto : pepermint22.blogspot.com

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs