Sabtu, 4 Mei 2024

Senator Desak Perusahaan Migas Sejahterakan Masyarakat Sekitar

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ahmad Nawardi, Pimpinan Komite II DPD bersama Syaifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mendesak seluruh perusahaan minyak dan gas di Jawa Timur fokus menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (SCR) untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Desakan ini merupakan hasil dari diskusi yang digelar Komite II yang membawahi bidang migas, infrastruktur, BUMN, perhubungan, pertanian, kehutanan, dan kelautan dengan pemerintah Jawa Timur, Pertamina, SKK Migas, serta beberapa perusahaan migas yang digelar di Kantor Gubernur Jl. Pahlawan Surabaya, Jumat (13/2/2015).

“Kita mencontohkan di Papua Barat ada sebuah perusahaan minyak yang mendirikan rumah sakit, sekolah dan bahkan menyekolahkan warga sekitarnya ke luar negeri,” kata Ahmad Nawardi, Pimpinan Komite II.

Menurut Nawardi, perusahaan di Papua Barat tersebut sengaja menyekolahkan warga sekitar yang nantinya akan direkrut untuk menjadi teknisi di perusahaan tembang tersebut.

“Di Jawa Timur ini potensi migasnya terbesar nomor tiga di Indonesia, banyak perusahaan migas besar di sini, tapi bisa kita lihat kesejahteraan warga sekitar masih minim,” kata senator asal daerah pemilihan Jawa Timur ini.

Potensi migas di Jawa Timur menurut Nawardi saat ini mencapai 535 juta barel dan gas mencapai 100 ribu mmscfd (million standard cubic feet per day). Dengan potensi yang cukup besar ditambah aneka perusahaan baik asing maupun lokal yang ada di Jawa Timur, kesejahteraan bagi warga sekitar harusnya sangat cukup terjamin.

Selain minimnya dana csr bagi masyarakat sekitar, golden syare serta hasil pajak yang didapatkan daerah ternyata juga sangat minim sehingga tak bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Karenanya, di masa persidangan kali ini, DPD berjanji akan merumuskan untuk merevisi Undang-undang tentang migas.

“Saat ini UU migas sudah masuk prolegnas sehingga DPD akan segera mendorongnya agar revisi bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” kata dia. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs