Rabu, 17 April 2024

Pemerintah Jamin Pasokan Pangan Pasca-Lebaran Aman

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi Stok Beras di Bulog. Foto: Antara

Amran Sulaiman Menteri Pertanian, menjamin setok dan pasokan pangan nasional pasca-ramadhan dan lebaran 2016 cukup aman.

Setok beras dalam bulan Juli ini sekitar 2 juta ton, dua kali lipat dari tahun lalu. Minyak goreng 1,8 juta ton, empat kali lipat dari kebutuhan masyarakat sebanyak 385 ton.

Mentri pertanian menyayangkan, meskipun stok minyak goreng ini melimpah, menjelang lebaran harganya tetap ikut-ikutan naik. Tapi, setelah dilakukan operasi pasar bersama produsen minyak goreng, harganya turun lagi.

“Sedangkan gula, pemerintah masih impor. Untuk daging ayam, telur, bawang merah, bawah putih dan cabe, setoknya melebihi kebutuhan,” kata Mentan, Minggu (10/7/2016).

Untuk menstabillkan harga pangan, pemerintah akan memangkas mata rantai pendistribusian, dari produsen langsung ke toko tani. Tengkulak yang mengakibatkan biaya dan harga tinggi akan ditinggal.

Sementara itu, Thomas Lembong Menteri Perdagangan, akan terus bersinergi dengan Mentan dan Menteri BUMN untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan.

Darmin Nasution Menko Perekonomian juga optimis harga pangan dalam Mingggu depan mulai turun dengan berakhirnya puasa dan lebaran. Karena kebutuhan masyarakat mulai menurun.(jos/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs