Jumat, 26 April 2024

Arab Saudi Tegaskan OPEC Akan Terus Pangkas Produksi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Khaled al Faleh Menteri Energi Arab Saudi mengatakan, Senin (4/12/2017), negara-negara produsen minyak kemungkinan akan mulai membahas kenaikan produksi pada Juni tahun depan meski OPEC akan terus memangkas produksi hingga banjir pasokan di pasar dunia berkurang.

OPEC dan para mitranya sepakat pada pekan lalu untuk memangkas produksi sepanjang 2018, strategi yang ditujukan demi mengurangi banjir pasokan di pasar dunia yang menyebabkan harga minyak merosot dan negara-negara produsen mengalami defisit anggaran.

“Kami tidak akan mengubah arah kebijakan kami pada semester kedua tahun ini,” ujar Faleh kepada awak media di Riyadh usai bertemu dengan Rick Perry Menteri Energi Amerika Serikat seperti dilansir Antara.

“Namun, prospek mengenai kapan pasar akan kembali seimbang bakal lebih jelas pada Juni mendatang dan kami akan mulai membahas langkah ke depan pada 2019. Tujuannya bukan untuk membanjiri pasar,” katanya.

Negara-negara pemasok minyak utama dunia sepakat pada pekan lalu untuk mempertahankan pembatasan produksi sebanyak 1,8 juta barel per hari, demikian laporan AFP. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs