Sabtu, 4 Mei 2024

Menteri ESDM Dorong Kendaraan Listrik ITS Produksi Massal dan Siap Jual

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, di depan Gedung Rektorat ITS Surabaya, Jumat (9/2/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI siap mendorong Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya untuk mengembangkan kendaraan listrik serta membantu agar cepat dikomersilkan.

“Saya menganjurkan kepada Rektor dan teman-teman yang terlibat dalam itu, untuk segera diproduksi massal dan dikomersialkan. Karena kalau tidak pernah dicoba untuk dijual, kita tidak pernah tau apa yang harus diperbaiki, dan apa yang harus disempurnakan ke depan,” kata Jonan setelah melakukan pembaharuan nota kesepahaman (MoU) antara ITS dengan Balitbang Kementerian ESDM, di Gedung Rektorat ITS, Jumat (9/2/2018).

Selain melakukan kerja sama untuk pengembangan kendaraan listrik, kata Jonan, pihaknya juga akan melakukan kerja sama untuk perkembangan teknologi smelter.

“Saya tertarik untuk bekerja sama dengan ITS dalam mengembangkan teknologi smelter ini,” kata dia.

Rencananya, ITS Surabaya akan mulai launching kendaraan listrik mereka pada 17 Agustus mendatang.

Terkait kerja sama yang dilakukan, kata Jonan, pihaknya akan membantu dalam hal mencari industri yang mau membuat kendaraan listrik ITS untuk dikomersilkan.

“Potensi ini sebenarnya bagus, tapi kelamaan. Harus segera dibangun. Kalau mobil listrik mungkin tantangannya masih lebih besar, tapi kalau motor mestinya bisa,” pungkasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs