Sabtu, 27 April 2024

Enam Tahun Menjabat, Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Jim Yong Kim Presiden Kelompok Bank Dunia. Foto: Antara

Jim Yong Kim Presiden Kelompok Bank Dunia pada Senin (7/1/2019) mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya, setelah lebih dari enam tahun di lembaga pemberi pinjaman internasional itu.

Sementara itu Kristalina Georgieva CEO Bank Dunia akan berperan sebagai presiden sementara efektif mulai 1 Februari, kata Bank Dunia dalam sebuah pernyataannya, seperti dilansir Antara, Selasa (8/1/2019).

Pengunduran diri Kim dari Bank Dunia ini dinilai tidak terduga, karena dia ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden bank pembangunan multilateral itu pada 2016.

Kim pertama kali menjadi presiden Bank Dunia ke-12 pada 1 Juli 2012. Sebelum menduduki jabatan tersebut, dia menjabat sebagai presiden lembaga akademik terkenal di Amerika Serikat, Dartmouth College.

“Merupakan kehormatan besar menjadi Presiden lembaga luar biasa ini, penuh dengan individu bersemangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita,” kata Kim dalam sebuah pernyataan yang dikutip Xinhua.

Segera setelah kepergiannya, Kim akan bergabung dengan sebuah perusahaan dan fokus pada peningkatan investasi infrastruktur di negara-negara berkembang. Bank Dunia menambahkan rincian posisi baru ini akan segera diumumkan. (ant/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs