Kamis, 25 April 2024

Trump Mengaku Tak Terburu-buru Rampungkan Kesepakatan Dagang China

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Donald Trump Presiden Amerika Serikat bertemu dengan Liu He Wakil Perdana Menteri China di Ruang Oval Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Kamis (4/4/2019). Foto: Reuters

Donald Trump Presiden Amerika Serikat, Jumat (10/5/2019), mengatakan dirinya “tidak terburu-buru” untuk menyelesaikan kesepakatan dagang dengan China. Hal disampaikannya saat perunding AS dari dua negara bersiap melanjutkan pembicaraan di Washington, menjadi sinyal baru bahwa diskusi dapat berlangsung pekan ini.

Di akun Twitter, Trump membela keputusannya untuk menjatuhkan tarif tambahan senilai 200 miliar dolar AS atas produk impor China. Tarif ini mulai berlaku pada Jumat kemarin. Ia juga mengatakan tarif tersebut akan meningkatkan Amerika Serikat lebih dari kesepakatan dagang apapun.

“Tarif akan menjadikan negara kita jauh lebih kaya daripada kesepakatan tradisional fenomenal,” cuit Trump dilansir Antara.

Sejumlah pejabat AS dan China kembali melakukan perundingan untuk hari kedua pada Jumat pagi, saat dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia berupaya merampungkan kesepakatan.

“Pembicaraan dengan China berlanjut dengan cara yang sangat menyenangkan-sama sekali tidak perlu terburu-buru,” kata Trump.

“Kami akan terus bernegosiasi dengan China dengan harapan bahwa mereka tidak lagi berupaya mengulangi kesepakatan.”(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs