Jumat, 29 Maret 2024

Erick Thohir Ungkap Alasan Angkat Direktur Baru Freeport yang Asli Papua

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Claus Wamafma (kiri) Direktur PT Freeport dan Erick Thohir (kanan) Menteri BUMN memberikan motivasi kepada siswa pendidikan perekrutan Papua oleh BUMN di Jakarta, Sabtu (22/2/2020). Foto: Antara

Erick Thohir Menteri BUMN mengungkapkan alasan utama mengangkat Claus Wamafma Direktur PT Freeport Indonesia yang berlatar belakang penduduk asli Papua.

“Ini bukan alasan politik, tapi karena Claus sudah melalui banyak hal di Freeport dan dia berhak untuk itu. Kemampuannya sesuai. Bukan karena dia Papua,” tegas Erick Thohir ketika menghadiri inaugurasi perekrutan pekerja Papua oleh BUMN di Gedung Pertamina, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan bahwa ia telah mempelajari kinerja Claus di PT Freeport Indonesia. Menurutnya pengalaman selama 21 tahun bekerja di pertambangan emas serta kemampuan pengetahuannya dirasa mumpuni untuk mengemban jabatan tersebut.

Selain itu, ia menegaskan bahwa siapa saja berhak untuk menduduki jabatan tersebut asalkan memiliki pengalaman, kemampuan, serta pengetahuan yang cukup dalam membidangi posisi di perusahaan tambang emas itu.

Erick senang ketika mengetahui ternyata Claus adalah penduduk asli Papua, di mana hal tersebut mampu untuk menjadi motivasi bagi setiap anak muda seluruh Indonesia, khususnya Papua.

“Presiden Joko Widodo sayang sama Papua, saya Menteri BUMN juga sayang dengan Papua, maka setiap masyarakatnya juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Erick Thohir dilansir Antara.

Sementara itu, Claus Wamafma Direktur PT Freeport asal Papua, menceritakan kisah perjalanannya di perusahaan tambang tersebut beserta budaya kerjanya di depan Erick Thohir Menteri BUMN.

“Saya ini bekerja di bisnis yang keras, makanya harus disiplin, itu utamanya,” kata Claus Wamafma di hadapan Menteri BUMN.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bagaimana awal mula dia berkarier di perusahaan tambang emas tersebut di mulai dari teknisi mesin hingga akhirnya menjadi Direktur PT Freeport Indonesia.

Ia mengatakan untuk bisa mencapai tahap tersebut harus memiliki motivasi yang kuat dalam bekerja, pertama harus punya pengetahuan, kedua skill atau keterampilan dan terakhir adalah mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs