Jumat, 29 Maret 2024

Genjot Pariwisata, Kemenhub Beri Rp500 Miliar Diskon Tiket Pesawat

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Kementerian Perhubungan memberikan insentif Rp500 miliar untuk diskon tiket pesawat terbang ke 10 destinasi kota dalam negeri. Ini untuk menggenjot pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Diskon diberikan terhadap penerbangan asal dan menuju 10 destinasi, yakni Batam, Denpasar, Yogyakarta (Bandara Adisutjipto dan NYIA Kulonprogo), Lombok, Labuan Bajo, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan dan Tanjung Pinang. Diskon berlaku untuk penerbangan pulang-pergi mulai 1 Maret sampai 31 Mei 2020.

“Pemerintah menyediakan dana cash lebih dari Rp500 miliar yang akan diberikan diskon kurang lebih 30 persen ke sepuluh destinasi. Dana itu kemungkinan bertambah bila penumpang bertambah,” kata Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Sabtu (29/2/2020).

Budi menjelaskan, dana Rp500 miliar yang telah disiapkan itu 30 persen dari APBN,  diperuntukkan kepada maskapai nasional yang melayani rute ke 10 destinasi.

Kemudian, Pertamina memberikan 15 persen bagi pembelian avtur dari harga acuan yang ditetapkan. Operator bandara, seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan Airnav juga mengalokasikan sebesar 5 persen untuk pengurangan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

Dengan demikian, total insentif yang diberikan sebesar 50 persen untuk potongan harga tiket pesawat terbang.

Muhammad Awaludin Direktur Utama PT Angkasa Pura II mengatakan, dari 10 destinasi yang diberikan insentif, tiga destinasi yang menjadi pengelolaan AP II, yakni Bandara Raja Haji Fisabilillah Airport Tanjung Pinang, Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan (Belitung) dan Bandara Silangit.

“Untuk operator bandara, kami akan memberikan insentif dari passenger service charge sebesar 20 persen. Itu akan dilakukan dengan mekanisme langsung terhadap pemotongan dan pengenaan biaya tiket,” kata Awaludin, dilansir Antara.

Dalam kesempatan yang sama, Dony Oskaria Wakil Direktur Utama PT Garuda Indonesia menyambut baik kebijakan pemberian insentif ini untuk memberi kemudahan wisatawan domestik dari dan menuju 10 destinasi.

“Garuda Grup, baik itu Garuda Indonesia Airways dan Citilink menyambut baik program ini. Kami akan berpartisipasi aktif, tidak hanya terlibat untuk menurunkan harga sesuai pemerintah, tapi juga membantu campaign ke seluruh cabang yang kami punya,” kata Dony. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs